Pembuat CoC di Beli Tencent

Sukses Besar, Perusahaan CoC di Akuisisi Tencent – Siapa tak kenal game Clash of Clan alias CoC? Bisa dibilang game CoC merupakan game terlaris yang masih mampu bertahan hidup di tengah gempuran game-game baru saat ini. Walaupun grafiknya terbilang sederhana tak seperti game-game HD lainnya, namun gameplay ayng ditawarkannya berupa strategi perang merupakan hal tersendiri yang tak dapat dielakkan bagi penggemar game strategi.

pembuat coc di beli tencent

Tak heran, karena posisinya tersebut Clash of Clan menjadi incaran banyak pihak. Namun, ketimbang berisiko membesut game-nya saja tanpa developer, masih lebih baik langsung mengambil developernya sekalian yakni Supercell. Perusahaan yang berkedudukan di Finlandia ini nyatanya memang sempat dilego beberapa kali. Terakhir, pada tahun 2013, Supercell sudah dilego kepada SoftBank hingga mencapai jumlah kepemilikan 51 persen saham Supercell. Tentu saja, angka tersebut memberikan posisi tawar bagi SoftBank sebagai pemegang saham mayoritas.

Menariknya, kali ini untuk kesekian kalinya Supercell dilego kembali. Kali ini aktor pelegonya adalah SoftBank yang merupakan pemillik utama Supercell. Sedangkan yang bertindak sebagai pembeli cukup mengejutkan yakni Tencent. Sebagaimana diketahui, Tencent merupakan perusahaan besar yang selama ini mampu mencengkram pasar game dengan kuat. Terakhir, game ‘League of Legends’ diakui telah menjadi pencetak uang baginya melalui segmen PC Gaming.

Melihat potensi Clash of Clan, bisa dibilang mahar yang dibayarkan Tencent kepada SoftBank tak sedikit. Pasalnya, angka 8,6 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 144 triliun sudah digelontorkan oleh Tencent untuk mendepak SoftBank menjadi pemilik saham mayoritas dalam perusahaan tersebut. Alhasil, saat ini keberlangsungan hidup CoC berada pada naungan Tencent yang sebelumnya sudah emmiliki komunitas kuat dalam dunia game mobile. Komunitas tersebut memang didorong oleh aplikasi WeChat dan Mobile QQ yang berada di bawah naungannya pula, sebagaimana dilansir dari Kompas (22/6/2016).

Jika pada tahun lalu Tencent berhasil meraup pendapatan dari segmen game sebesar 15 miliar dollar AS, maka pada tahun ini para pakar memperkirakan Tencent mampu meraih  13 persen dari pasar game global senilai 100 miliar dollar AS. Angka ini bukanlah angka yang sedikit jika dibandingkan dengan investasinya dalam pembelian saham Supercell tersebut.  Baca juga Tencent Holding Ltd. Dikabarkan Bakal Beli Saham Mayoritas Supercell dan ‘Master Wizard’ Hero Baru Clash of Clans Akan Segera Hadir Kalahkan Musuh.

Top