Operator Terancam! Whatsapp Kebanjiran Order Telepon

Pengguna Mulai Beralih Ke Panggilan Digital – Jika melirik ke beberapa masa yang lampau, fitur telepon merupakan hal yang istimewa bagi telepon genggam. Bahkan, tak jarang apabila pengguna mau membayar mahal hanya untuk sekedar mampu berkomunikasi secara portable dimana saja dan kapan saja. Menariknya, fitur ini masih dipertahankan pada ponsel-ponsel kekinian. Namun yang jelas, nampaknya fitur ini akan segera tergusur dengan konsep telepon menggunakan jaringan data.

operator terancam whatsapp kebanjiran order telepon

Salah satu penyedia layanan telepon melalui jaringan data adalah Whatsapp. Dilansir dari Kompas (25/6/2016), hingga saat ini tercatat ada 100 juta panggilan telepon dalam sehari. Angka ini cenderung fantastis jika melihat kelahiran fitur ini pada Whatsapp baru satu tahun yakni semenjak Maret 2015 kemarin.

Secara mendetail, Whatsapp menerima order penghubungan telepon hingga 1100 permintaan perdetik. Tentu hal ini tergolong luar biasa jika mengingat bahwa saat ini Whatsapp merupakan layanan instant messenger yang gratis bahkan tanpa iklan. Jika membandingkan dengan instant messenger lain, tak dapat dipungkiri jika hingga saat ini Whatsapp terlihat lebih ringan ketimbang yang lain.

Hal ini lantaran fitur yang diberikannya lebih ke arah fungsionalis ketimbang mempertahankan aktivitas grafik yang berat ala instant messenger yang lain. Tak heran, jika saat ini pengguna Whatsapp tercatat mencapai 1 Miliar pengguna. Menariknya, angka tersebut akan membuat operator seluler menjadi tergopoh-gopoh. Pasalnya, jika dibandingkan dengan fitur telepon via jaringan seluler nampaknya harga yang mahal membuat pengguna lebih suka beralih ke arah yang gratis. Itu artinya, operator seluler kudu bersiap ditinggalkan pengguna dari fungsi selulernya.

Walaupun demikian, jika sedikit menengok kebelakang, layanan gratis ini sangat tergantung dengan kelancaran koneksi data yang diberikan oleh operator seluler. Artinya, jika koneksi tak stabil maka telepon via data ibarat telepon seluler yang kehilangan sinyal. Namun nampaknya, dengan kehadiran teknologi 4G hal tersebut akan segera mendapatkan solusi yang nyata.

Jika melihat ke depannya, besar kemungkinan operator seluler akan memfokuskan layananya pada jaringan data saja. Bahkan jika melihat vendor-vendor yang lain, bisa jadi jika sebelumnya gadget tanpa perangkat seluler tidak begitu populer di masyarakat, akan menjadi hal yang berkebalikan di masa depan. Baca juga WhatsApp Hadirkan Fitur Baru di Dalam Grup dan Gambar Gerak GIF Satroni Whatsapp.

Top