Oops! Project Loon Google Dijegal

Space Data Corporation Ajukan Sengketa Pada Google – Kabar mengenai sengketa dalam dunia teknologi informasi kali ini menyambangi perusahaan raksasa Google. Kabarnya, perusahaan pemillik Android ini dituduh telah menjiplak paten yang dimiliki oleh perusahaan asal Amerika, Space Data Corporation sebagaimanan dilansir dari Okezone (17/6/2016). Perusahaan ini sendiri sebenarnya lebih bermain ke industri infrastruktur jaringan yang apabila melihat segmen bisnis utamanya berbeda dengan Google.

oops project loon google dijegal

Namun, beberapa dasawarsa ini Google terus mengekspansi bisnisnya. Pasalnya, dengan visi saling mneghubungkan orang atas informasi, Google terus mengembangkan proyek-proyeknya. Terakhir, Google sempat mengajukan Project Loon untuk menyebarkan jaringan WiFi via balon udara. Proyek ini mungkin terdengar baru untuk sebagian kalangan dan merupakan ide yang menyegarkan. Sayangnya, hal tersebut tak berlaku di perusahaan Space Data yang berakhir dengan pengajuan gugatan ke pengadilan setempat.

Pasalnya, perusahaan tersebut mengaku telah memiliki paten dengan konsep yang sama pada tahun 1999 dan tahun 2001. Paten pertama berkaitan dengan konstelasi Airborne dari platform komunikasi dan penggunaan metode yang pada dasarnya merupakan jaringan berbasis balon yang melayang. Sedangkan paten kedua berkaitan dengan terminasi tak berawak lebih ringan dari udara dan metode pemulihan. Jika melihat kedua paten tersebut, sangat tampak konsep yang diusungnya persis dengan Project Loon dari Google.

Sebagai bukti bahwa paten tersebut memang berada dalam penguasaan Space Data, perusahaan ini memiliki produk dengan branding SkySat yang bahkan telah digunakan oleh Korps Marinis AS. Di sisi lain, terdapat produk dengan branding SkySite yang menggunakan konsep yang sama namun dikhususkan pada segmen daerah terpencil dan berbiaya lebih ringan lantaran menggunakan balon.

Berdasarkan sumber yang sama, pada dasarnya Google sendiri memiliki paten atas Project Loon yang sedang dikerjakannya. Artinya, seharusnya tak ada kejadian jiplak-menjiplak dalam kasus ini. Menariknya, Google melalui pendirinya Sergey Brin dan Larry Page serta beberapa eksekutif lainnya, sempat diberitakan melakukan kunjungan ke Space data pada tahun 2008 yang lalu. Jika melihat informasi tersebut, bukan tak mungkin jika Project Loon diinspirasi oleh SkySat dan SkySite yang dibuat oleh Space Data. Namun, semua asumsi tersebut harus menunggu putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap nantinya. Baca juga Sempat Ditentang, Google Loon Hadir Tahun Depan dan Project Fi, Koneksi Di manapun dan Kapanpun.

Top