Nostalgia, Casing GameBoy Ubah Smartphone

Casing GameBoy Rubah Smartphone – Hadirnya game-game baru ternyata tak serta merta mampu menggeser game-game lama dari hati para pecintanya. Padahal, sebagaimana diketahui biaya pembuatan game-game baru bisa dibilang tak sedikit. Apalagi, untuk game-game sekuel yang berkelas, selain biaya lisensi yang panjang, uji coba untuk mempertahankan nama baik game tersebut juga menjadi ujian finansial yang tak terbantahkan.

nostalgia casing gameboy ubah smartphone

Bisa dikatakan, game-game lama memang telah mengisi relung hati para pemainnya. Tak heran beberapa pecintanya yang memiliki kemampuan teknologi mulai membangkitkan game-game lama dengan berbagai cara. Mulai dari emulasi, rebuild, hingga membuat perangkat tiruannya sendiri yang sudah tak diproduksi lagi.

Kali ini sebagai korban nostalgia datang dari GameBoy. Setelah sekian lama hadir dalam versi emulator, kali ini GameBoy akan muncul lagi dengan bentuk sesuai aslinya. Menariknya, untuk menghidupkan kembali Gameboy ini dibutuhkan smartphone sebagai dasar pemrosesannya sebagaimana dilansir dari Kompas (22/6/2016).

Perangkat ini dinamakan SmartBoy dan sudah dipamerkan di ajang E3 yang berlangsung minggu lalu di Los Angeles, AS. Perbedaan yang paling kentara dari perangkat ini adalah bentuknya yang hanya berupa casing saja. Penggunaannya cukup mudah yaitu hanya tinggal plug and play saja ke smartphone melalui lubang microUSB biasa.

Hal yang cukup mengagumkan, casing ini ternyata merupkaan casing kosongan tanpa game di dalamnya alias hanya sebagai perantara smartphone dengan game yang akan dimainkan. Untuk itu, agar dapat berjalan dengan sempurna, pengguna wajib memiliki kaset game yang akan dimainkan. Kaset tersebut merupakan kaset game yang persis sama dengan versi GameBoy terdahulu.

Berbicara maslaha harga, banderol casing ini bisa dikatakan tidak begitu murah. Pasalnya, harganya mencapai 800 ribu Rupiah. Tentunya harga ini tak akan menjadi mahal dihadapan pecinta game-game lawas. Namun, awalaupun saat ini pemesanan sudah dibuka, namun dipastikan casing ini baru dapat dikirim bulan Desember nanti. Artinya, para pecinta nostalgia harus lebih bersabar menikmati perangkat ini.

Hingga saat ini masih belum ditemui kabar smartphone apa saja yang mampu memfungsikan game ini. Satu hal yang pasti, dari sisi bentuknya saja akan menimbulkan sensasi lawas yang mengingatkan masa-masa kejayaan GameBoy terdahulu. Baca juga Emulater GameBoy masuk ponsel dan Sony Lengkapi PS4 dengan Game-game Konsol Lawas.

Top