Menkominfo: Vendor Smartphone, Jangan Akali Aturan TKDN!

Menkominfo Imbau Vendor Smartphone Untuk Tidak Curangi TKDN – Pemerintah Indonesia telah menetapkan aturan TKDN bagi smartphone-smartphone impor 4G yang masuk ke pasar Indonesia. Aturan TKDN yang ditetapkan pemerintah adalah 20 persen. Angka tersebut baru akan bertambah di tahun 2017 mendatang menjadi 30 persen. Untuk skema software dan hardwarenya masih dalam proses pematangan oleh tiga kementerian.

menkominfo imbau vendor smartphone untuk tidak curangi tkdn

Namun, pada kenyataannnya meski saat ini hanya 20 persen, namun masih banyak vendor global yang belum memenuhi kebutuhan TKDN tersebut. Bahkan ada yang mengambil jalan pintas. Agar bisnisnya tak tersendat, ada diantaranya yang mengakali dengan memasarkan produk yang sebenranya membawa jaringan 4G namun dibuat menjadi 3G. Hal ini tentu saja sudah termasuk kecurangan.

Dalam hal ini, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara menganggap bahwa praktik ini adalah kecurangan. Padahal, menurutnya pemerintah telah memberi kelonggaran syarat rendah, yaitu hanya 20 persen.

Vendor juga masih diberi kesempatan luas atau banyak waktu untuk memenuhi ketetapan 30 persen pada awal 2017 mendatang.

Berdasarkan kutipan yang dilansir dari KompasTekno, Jumat (03/06/2016), “Jangan bohong dong, harus ikuti aturan,” Ungkap Rudiantara pada saat memberi sambutan  di pameran tahunan Indonesia Cellular Show 2016.

Meski demikian, hingga sejauh ini pemerintah masih belum mempersiapkan tindakan apapun untuk menegasi praktik “akal-akalan” tersebut.

Menkominfo masih akan mendiskusikan isu tersebut bersama jajarannya.

“Bukan legal, tapi bukan juga ilegal. Yang jelas jangan cheating, lah,” Tambahnya.

Salah satu vendor yang telah menjalankan praktik tersebut adalah OnePlus. Pada bulan Maret lalu, pabrikan tersebut memboyong ponsel seri OnePlus X ke Indonesia setelah produknya cukup lama dinantikan.

Namun, ternyata OnePlus yang sebetulnya rilis dengan jaringan 4G  ini hadir di Indonesia dengan jaringan 3G karena pada bagian softwarenya telah diakali.

Hal ini juga telah dilakukan oleh Xiaomi Redmi Note 3. Ponsel tersebut juga dijual di Indonesia dalam versi 3G. Xiaomi menonaktifkan fungsi dari jaringan 4G untuk menghindari adanya aturan TKDN.

Nah, dengan akal-akalan tersebut, nantinya saat pengguna melakukan root pada perangkat seperti OnePlus X, maka fungsi 4G akan bisa digunakan. Jia semua vendor berpikir sama, maka TKDN akan menjadi sia-sia belaka. Baca juga Setelah Diakuisisi Lenovo, Motorola Tinggal Menunggu TKDN untuk Jualan Ponsel di Indonesia dan OnePlus Memberi Ruang Pada Pengguna Untuk Mengotak Atik OnePlus X

Top