Melalui Pump Express 3.0, Pengisian Baterai Smartphone Bisa Lebih Cepat

MediaTek Ciptakan Teknologi Pump Express 3.0 – Meskipun brand chipset MediaTek masih berada di belakang Qualcomm, tapi tidak lantas membuat MediaTek tidak mempunyai teknologi yang dapat diandalkan. MediaTek terus berinovasi dalam memberikan teknologi yang mumpuni terhadap perkembangan smartphone. Tentunya ini sangat penting, agar chipset buatan MediaTek tetap dilirik oleh para vendor smartphone.

MediaTek Ciptakan Teknologi Pump Express 3.0

Saat ini, salah satu teknologi yang tengah diminati dalam perkembangan smartphone adalah pengisian daya yang lebih cepat. Dan hal ini ditanggapi serius oleh MediaTek, tepatnya di ajang Computex 2016 MediaTek resmi memperkenalkan teknologi pengisian daya supercepatnya yang bernama Pump Express 3.0. Produsen mikroprosesor tersebut mengklaim teknologi barunya itu bisa bisa mengisi daya baterai ponsel hingga 70 persen dalam 20 menit saja.  Sementara untuk pengisian selama 5 menit dapat memberikan waktu berbicara selama 60 menit.

Kehadiran Pump Express 3.0. ini dianggap sebagai sebuah inovasi baru yang hebat karena selain memberikan kecepatan isi ulang lebih tinggi juga sekaligus efisiensi yang membuat temperatur smartphone lebih dingin ketika diisi ulang. PumpExpress 3.0 dibuat seiring dengan meningkatnya kemampuan pemrosesan smartphone dan borosnya konsumsi daya. Sedangkan di sisi lain, peningkatan kapasitas baterai ternyata membuat durasi pengisian daya menjadi lebih lama.

MediaTek, sebagai salah produsen chipset mobile besar telah menjelaskan cara kerja teknologi ini dengan melakukan bypass para sirkuit charging di dalam smartphone dan memindahkan arus listrik dari adaptor langsung ke baterai. Meski terlalu riskan, namun MediaTek berani menjamin kenyamanan pengguna karena teknologi ini telah menggunakan lebih dari 20 sistem proteksi yang menghindarkan perangkat dan charger dari masalah overheat.

Menurut rencana, teknologi PumpExpress 3.0 ini akan dirilis bersamaan dengan chipset MediaTek Helio P-20 pada akhir tahun 2016 ini. Namun yang perlu diketahui adalah proses pengisian baterai smartphone sebenarnya akan melambat setelah mencapai kapasitas tertentu. Dengan kata lain, setelah mencapai 70 persen dalam 20 menit, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai 100 persen bisa saja dua kali lipat lebih lama. Baca juga Pengisian Daya Baterai Tercepat dan Cara Mempercepat Pengisian Baterai hp.

Top