Maling Android Bakal Dibuat Gondok oleh Fitur Baru Google

Google Punya Cara Bikin Maling Android Mati Kutu – Ponsel Android Anda Dicuri orang? Nah, sekarang kita bisa membuat si maling menjadi kesal lantaran ponsel yang telah dicurinya susah payah sama sekali tak bisa digunakan lagi. Kali ini, Google tengah menyiapkan sebuah fitur baru yang khusus akan membuat para maling smartphone kesan dan gondok sendiri.

google punya cara bikin maling android mati kutu

Bukan hanya akan bisa mengapus data dari jarak jauh saja (remote wipe). Nantinya, fitur yang disebut dengan “kill switch” ini juga akan bisa mematikan smartphone Android dari jarak jauh. Mematikan di sini, dalam artian mati total dan ponsel sama sekali tak bisa digunakan lagi (bricked).

Keberadaan dari fitur ini, berdasarkan informasi dari ZDNet yang dilansir dari halaman KompasTekno, Kamis (09/06/2016) akan diketahui lewat command yang diselipkan oleh Google ke Android Open Souche Project (AOSP), minggu lalu.

Itu artinya, mulai sekarang akan semakin banyak para pabrikan ponsel Android yang bisa menerapkan fitur “kill switch” ke produknya masing-masing. Hal ini tentu saja untuk menghindari pencurian data pengguna saat ponsel smartphone Androidnya dicuri seseorang.

“Saat recovery dimulai dengan -brick, maka perangkat akan melakukan brick dengan menghapus semua petisi seperti yang terdaftar di /etc/recovery.brick,” begitulah penjelasan di laman AOSP.

Pabrikan smartphne Android nantinya akan bisa menentukan partisis mana saja yang dikehendaki, termasuk kartu memori microSD yang juga bisa dihapus saat fungsi brick berjalan. Nah, fitur ini akan dapat menghapus secara keseluruhan bagian recovery, boot, dan bootloader sehingga perangkat Android tersebut hampir tak mungkin bisa dihidupkan kembali.

Selain dengan fitur brick seperti yang telah dijelaskan, pengguna sebetulnya juga bisa menjalankan remote wipe dengan menggunakan Android Device Manager.

Dengan menggunakan fitur remote wipe, perangkat nantinya akan bisa melakukan factory reset serta menghapus semua file seperti foto, video meskipun tak lagi berada di tangan pengguna. jadi, resiko penyalahgunaan foto-foto ataupun video bisa diminimalisir meskipun fitur ini tak menjamin seluruh data di kartu memori akan ikut terhapus.

Nah, dengan begitu dijamin para maling akan kapok untuk mencuri ponsel Android Anda! Baca juga Google Tango di Bawah 7 Juta Rupiah dan Pembaruan Terbaru Google My Account Bisa Cari Ponsel yang Hilang

Top