Ingin Belajar Coding, Tapi Sulit? Ini Dia Rahasianya!

CodeSaya, Mudahkan Belajar Coding Untuk Pemula – Jika melihat perkembangan di era saat ini, pentingnya ilmu di dunia pemrograman memang sangat dibutuhkan. Pasalnya, sekarang adalah masa di mana tengah populer-populernya perusahaan start-up. Nah, untuk Anda yang merasa kesulitan belajar coding mungkin perlu mencoba mengakses situs CodeSaya.com yang dibuat oleh Ganis Zulfa Santoso sejak tahun 2013 lalu.

codesaya mudahkan belajar coding untuk pemula

Tak perlu khawatir, CodeSaya akan bisa diakses dalam Bahasa Indonesia dan penggunaannya juga mudah. Tak perlu melakukan instalasi di komputernya, pengguna akan bisa langsung melakukan coding di browser. Dengan begitu, selain prosesnya menjadi lebih mudah pengguna juga bisa menjalankannya dengan perangkat komputer manapun tanpa perlu mencari komputer yang telah terinstal aplikasi yang terkait dengan bahasa pemrograman yang digunakan.

Dalam kesempatannya, PR Director CodeSaya, Wina Minaputri mengatakan seperti yang dilansir dari Okezone, Kamis (23/06/2016) bahwa proses coding secara langsung ini adalah yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

“Untuk tetap menyemangati pengguna dalam belajar, di CodeSaya diadakan sistem permainan di mana pengguna nantinya akan mendapatkan poin dan lencana setelah mengerjakan soal-soal,” Ujarnya.

Wina kemudian menambahkan, untuk setiap minggunya juga diadakan event semacam penghargaan untuk para coder terbaik dalam mengerjakan soal dan juga mereka yang aktif dalam komunitas. Berbicara soal komunitas, CodeSaya juga memiliki komunitas atau forum online, yang mana di dalamnya akan terdapat komunikasi aktif dan bersahabat. Misalnya saja pengguna akan saling membantu dan saling menyemangati satu sama lain.

Menurutnya, pada saat pertama kali berdiri CodeSaya hanya memiliki kelas diskusi JavaScript. Namun, seiring berjalannya waktu hingga saat ini telah ada 3 tambahan kelas lainnya yaitu Phyton, PHP, dan Git.

Wina lalu mengungkapkan, bahwa kelas pemrograman lainnya direncanakan untuk ditambah sesuai dengan kebutuhan pengguna dan industri.

Menariknya, belajar coding di CodeSaya gratis sepenuhnya, tanpa biaya sepeserpun, bahkan pengguna tak perlu melakukan registrasi sama sekali. Hal inilah yang membuat 3 tahun berdirinya CodeSaya mendapat sambutan posistif dari masyarakat.

“Sejak berdiri, tercatat sudah lebih dari 100 ribu orang di Indonesia dan sekitarnya yang mampir di CodeSaya untuk menimba ilmu,” Tambahnya.

Hingga saat ini telah ada sekitar lebih dari 1 juta program yang tersimpan di CodeSaya. Semuanya adalah milik anggota yang terdaftar.

“Harapannya, dengan pembelajaran di CodeSaya akan lebih banyak tumbuh programmer-programmer handal di bumi pertiwi yang dapat membantu membangun bangsa Indonesia,” Tutupnya. Baca juga NextDev Pulang Kampung Telah Sampai di Gorontalo dan TechPrep Fitur Terbaru dari Facebook untuk Belajar Pemrograman

Top