Hacker Beraksi, Ratusan Akun MySpace Diretas!

MySpace Kehilangan 360 Juta Akunnya – Adakah yang masih ingat dengan MySpace? Salah satu jejaring sosial yang sempat merajai dunia internet bersama Friendster pada tahun 2000 an ini dikabarkan diretas oleh hacker.

MySpace Kehilangan 360 Juta Akunnya

Bagi sebagaian pengguna MySpace mungkin memang sudah tidak pernah lagi membuka atau bahkan menggunakan jejaring sosial tersebut, tapi mulai sekarang coba buka akun email yang pernah digunakan saat awal mendaftar. Pasalnya jejaring sosial yang mulai didirikan pada tahun 2003 itu telah mengalami kerugian yang mana sampai kehilangan 360 juta akunnya yang diduga karena ulah hacker.

Menurut kabar yang beredar, akun yang diretas oleh hacker tersebut terdiri dari 427 juta password pengguna. Dan angka ini dianggap sebagai angka terbanyak dari retasan yang dilakukan oleh hacker pada jejaring sosial media selama ini. Seperti yang diketahui, masalah retasan juga sempat dialami oleh Linkedln dan Tumblr. Namun, jumlah yang diretas tidak sebanyak seperti yang terjadi pada MySpace, karena hanya ada 100 juta akun Linkedln dan 65 juta password akun Tumblr yang diretas oleh pihak tak bertanggung jawab.

Dalam pernyataan resminya, jejaring sosial yang telah diakuisisi oleh Time Inc. tersebut mengklaim bahwa dalang di balik peretasan ini adalah kelompok hacker asal Rusia yang bernama “Peace”. Mereka juga berencana untuk menjual ratusan juta akun itu. Dan itu dianggap sangat merugikan baik dari sisi pengguna maupun dari MySpace sendiri. Namun, bagi pengguna MySpace yang sudah tidak menggunakan jejaring sosial ini namun terdaftar sebagai pengguna sebelum tahun 2013 itu berarti informasi pribadi pengguna masih bisa terjamin aman.

Sebagai informasi pada bulan Februari 2016, Time Inc. secara resmi tealh mengumumkan akuisisi Viant yang meruapakan perusahaan teknologi pemilik jejaring sosial MySpace. Sebelumnya, pada tahun 2011 MySpace dibeli oleh Viant senilai US$ 35 juta atau sekitar Rp 471 miliar. Jauh sebelum Facebook menjadi favorit semua orang di dunia maya, MySpace merupakan jejaring sosial terbesar pada tahun 2000 an. Hanya dalam waktu sebulan saja, pengunjung bisa mencapai 75,9 juta orang. Meskipun laman itu kini sudah tidak sepopuler dulu, MySpace tetap bertahan. Dengan adanya akuisisi tersebut, TimeInc. telah menggabungkan data, analisis, dan iklan pelanggannya dengan data yang dimiliki Viant. Baca juga Mark Zuckerberg Kehilangan Akses Twitternya dan Enkripsi Terbaru Whatsapp Tidak 100% Aman.

 

Top