Fitur Baru Facebook Slideshow

Facebook Tanamkan Slideshow Untuk Saingi Apple – Ekspansi jejaring sosial Facebook nampaknya tak akan berakhir dalam waktu dekat. Pasalnya, selain rajin melakukan penambahan fitur, perusahaan yang masih dipimpin Mark Zuckerberg ini rajin mengakuisisi perusahaan lain. Entah bagimana, dominasi Facebook pada antero jagat sosial media semakin menjadi-jadi dari hari-kehari. Bahkan, kali ini Facebook terinspirasi untuk menyaingi fitur buatan Apple.

fitur baru facebook slideshow

Setelah sebelumnya Apple memiliki fitur Memories, kali ini Facebook menyabet fiturnya dengan nama yang lebih sederhana yakni Slideshow. Kedua fitur tersebut sebenarnya sama secara tujuan, yakni menempatkan foto untuk ditayangkan secara bertahap dan otomatis layaknya pemutaran video. Alhasil, memang secara kenyamanan lebih dapat terasa. Apalagi jika fitur efek video otomatis dipergunakan, tentu akan menambahkan nilai artistik tersendiri.

Walaupun secara konsep agak berbeda yang mana Facebook mengkhususkan diri sekedar pada foto-foto yang berada di akun penggunanya, namun setidaknya kedua hal ini dari segi tapilan dapat dibandingkan. Pasalnya, Facebook slideshow mampu digunakan dengan fitur seperti urutan foto, efek transisi, dan memberi tag teman. Menariknya, secara default Facebook memberikan 10 tema yang bisa dipilih untuk membuat Slideshow, seperti epic, playful, nostalgic, dan birthday, dan lain-lain yang masing-masing tema memiliki gaya dan musik pengiring sendiri.

Dilansir dari Kompas (29/6/2016), tema-tema tersebut baru merupakan permulaan. Ke depannya, Facebook berjanji akan menambahkan tema-tema lain yang tentunya akan lebih menambah variasi slideshow yang dihasilkan.

Kendati demikian, fitur ini sebenarnya bukan kejutan dari Facebook. Pasalnya, sebelumnya uji coba terhadap fitur ini sudah pernah dilakukan oleh Facebook sebelumnya. Bedanya, uji coba yang lalu dilakukan tidak melalui Facebook secara langsung melainkan melalui salah satu aplikasi yang dimiliki Facebook untuk berbagi foto yakni Moments.

Sayangnya, meskipun terlihat menarik, Fcebook masih memonopoli fitur ini hanya terbatas pada pengguna iOS. Untuk itu, bagi pengguna Android OS tentu harus bersiap bersabar menhadapi pamer para pengguna Apple. Pasalnya, hingga saat ini masih belum jelas apakah Facebook juga akan membawa slideshow ke Android. Namun, apabila Facebook masih setia denagn visinya, nampaknya ekslusivitas tak mungkin dipertahankan olehnya. Baca juga Mark Zuckerberg pendiri sekaligus CEO facebook menggelar sesi tanya jawab dan 3 Fitur Baru Lengkapi Wajah FB Messenger.

Top