Facebook Aktifkan Fitur Pelacak Korban Pengeboman

Facebook jejaring sosial kembali mengaktifkan fitur baru yaitu fitur Safety Check – menyusul pengeboman yang terjadi di bandara ataturk, Turki KompasTekno Rabu (29/6/2016). Pada malam peristiwa pengeboman yaitu pada tanggal 28/ 6/2016 peristiwa pengeboman di bandara Ataturk itu sendiri dilaporkan merenggut 28 korban jiwa dan 60 luka lainnya. Fitir Safety Check dari Facebook ini berguna untuk memberi tahu teman di media sosial bahwa mereka yang berada di lokasi kejadian berada dalam keadaan baik- baik saja.

Facebook users who were in Paris during the Friday night terror attacks were able to notify friends and family that they were safe through the site's "Safety Check" tool.

Fitur Safety Check ini di aktifkan kedua kalinya dalam dua pekan terakhir setelah insiden penembakan disebuah club di orlando, florida yang menewaskan 49 orang. Dikutif dari KompasTekno, Rabu (29/6/2016). safety Check ini secara otomatis akan aktif sendiri atau juga akan mengirim pesan kepada pengguna Facebook yang berada di lokasi dan dengan pertanyaan apakah mereka selamat atau tidak.

Fitur tersebut sebenarnya ditujukan untuk pengguna yang berada di daerah tersebut,  namun ternyata fitur ini safety Check ini menyambangi pengguna Facebook yang berada di belahan dunia lain. seperti New York dan Virginia, Amerika Serikat. Facebook meminta maaf atas kesalahn yang tidak tepat sasaran atas kesalahn teknis ini ternyata banyak orang yang tidak terimbas oleh krisis itu yang mendapatkan notifikasi apakah mereka baik-baik saja ” tulis Facebook di akun resminya.

Pemberitahuan lain berupa notifikasi yang muncul dilayar komputer ataupun ponsel yang memberi tahu ledakan di Lahore sementara penerima berada di negara lain. Bom itu meledak di sebuah taman yang digunakan umat kristen setempat untuk merayakan hari raya Paskah. Ledakan ini terjadi berbarengan dengan bentrokan di Islamabad antara polisi dan pendukung seorang pembunuh gubernur yang telah di eksekusi sebulan yang lalu.

Safety Check akan secara otomatis mengirim pesan kepada penngguna Facebook yang berada di aderah tersebut. Fitur Safety Check di aktifkan Facebook sebagai respon aksi terorisme di Paris , Prancis pada November 2015 lalu Sebelumnya fitur ini hanya diaktifkan pada saat terjadi bencana saja. Baca juga LINE Indonesia Tawarkan Fitur dan Hadiah Menarik Sambut Lebaran dan Facebook Tanamkan Slideshow Untuk Saingi Apple

Top