Dianggap Memaksa, Microsoft Digugat Rp 131 juta!

Updatetan Windows 10 Bermasalah – Sedari awal kehadiran dari Windows 10 memang dirasa tidak membuat nyaman penggunanya. Salah satunya bagi pengguna Windows 7/8.1 yang terlebih dahulu telah mengeluhkan jika notifikasi update Windows 10 sangat mengganggu dan kemunculannya secara tiba-tiba. Bahkan banyak yang menyatatakan keberatan karena Microsof terkesan memaksakan penggunanya untuk segera mengupdate Windows 10 dengan cara mengunduh dan menginstallnya di komputer penggunanya.

Updatetan Windows 10 Bermasalah

Dengan ketidaknyamanan tersebut, salah satu penggunanya di yang bernama Teri Goldstein. Wanita ini berasal dari California, Amerika Serikat. Ia melayangkan gugatannya terkait laptopnya yang mengalami kerusakan setelah melakukan update Windows 10 dan prosesnya mengalami kegagalan. Proses update tersebut terjadi di luar pengetahuannya, dan akhirnya membuat komputer miliknya yang masih menggunakan OS Windows 2007 rilisan tahun 2009 tak bisa dipakai selama beberapa hari.

Masalahnya lagi, komputer tersebut dipakai untuk mengelola usaha biro perjalanan miliknya, dan kerusakan tersebut jelas membuatnya tak bisa menjalankan bisnis dengan lancar. Goldstein pun menuntut Microsoft untuk mengganti rugi pendapatan yang hilang serta komputer baru. Goldstein sendiri sejak awal tidak mengetahui banyak hal seputar Windows 10. Sehingga wanita ini tidak bisa berbuat apa-apa saat laptopnya tiba-tiba menginstal Windows 10 dan mengalami ‘crashing’ parah setelahnya.

Sebelumnya, Goldstein sudah mencoba menghubungi Microsoft soal masalah ini dan dia tidak mendapat jawaban yang melahirkan solusi. Akhirnya dia melayangkan gugatan ke meja hijau dan meminta Microsoft untuk membayar uang Rp 131 juta sebagai uang ganti rugi, termasuk uang membeli laptop baru. Menariknya, Microsoft menyetujui tuntutan Goldstein tersebut dengan alasan untuk menghindari permasalahan lebih rumit. Meskipun pada akhirnya Microsoft menolak mengaku bersalah akibat update Windows 10 yang bermasalah itu.

Kasus Goldstein sendiri merupakan salah satu dari ribuan masalah serupa yang melibatkan Windows 10. Awalnya sistem itu ditawarkan secara gratis sebagai pilihan bagi pengguna Windows 7. Tetapi belakangan Microsoft menggunakan label “recomended update”, yang artinya sistem operasi baru itu akan terunduh otomatis sejak Februari kemarin. Dan sejak bulan Maret 2016 lalu, banyak pengguna yang mengeluhkan kehadiran Windows 10 secara otomatis tanpa ijin. Baca juga Upgrade Windows 10 Disinyalir Merepotkan Pengguna dan Upgrade Windows 10 Akhirnya Resmi Diterima Smartphone Lumia Versi Lawas.

 

Top