Coolpad Bangun Pabrik Di Surabaya

Coolpad Serius Garap Pasar Indonesia – Gurihnya bisnis gadget di Indonesia memang tak terkira rasanya. Pasalnya, laju konsumsi atas perangkat gadget setiap tahun bisa dibilang terus melonjak dengan pesatnya. Sayangnya, dominasi pemain asing di Indonesia pada pasar ini bisa dibilang tak dapat dibendung. Untuk itu pemerintah selaku wasit bersauah membuat aturan untuk meratakan keuntungan para pelaku usaha dengan masyarakat Indonesia sendiri. salahs atunya dengan menerbitkan aturan mengenai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

coolpad bangun pabrik di surabaya

Aturan ini sebenarnya mengatur timbal balik investasi terhadap produk yang diimpor oleh pengusaha. Semakin banyak produk yang tak menggunakan komponen lokal, maka biaya yang dikucurkan oleh pemain industri harus lebih banyak. Alhasil, negara dapat ikut menikmati keuntungan yang didapatkan oleh pelaku usaha yang laris manis melalui produk impor tersebut.

Sayangnya, peraturan mengenai TKDN tersebut banyak menuai protes dari berbagai pemain industri gadget di tanah air. Alasannya, aturan tersebut terlalu memberatkan bagi investor yang mau bermain di ranah hardware. Hal ini terjadi karena pembuatan hardware membutuhkan biaya yang lebih tinggi ketimbang rekayasa software. Alhasil, aturan ini masih dalam kondisi quo untuk diterapkan secara menyeluruh.

Beda lagi dengan Coolpad. Sebagi pemain asal Cina, Coolpad mampu membuktikan iktikad baiknya. Pasalnya Coolpad tidak banyak protes dengan ketentuan di Indonesia dan secara langsung menancapkan kaki melalui pabriknya di Surabaya. Informasi yang dilansir dari Okezone ini (15/6/2016), dinyatakan langsung oleh Natalie Chan, Branding Director Coolpad Indonesia. Ia menambahkan bahwa pabrik tersebut dibangun dengan menggandeng pihak ketiga.

Pabrik tersebut rencananya akan mulai beroperasi pada bulan Juli 2016 mendatang dan rencananya akan butuh waktu 3 bulan hingga dapat beroperasional 100 persen untuk memenuhi permintaan pasar Coolpad di Indonesia. Sayangnya, hingga kini Natalie masih enggan membocorkan mitra bisnisnya tersebut. Ia meyakinkan akan memberitahukannya apabila pabrik tersebut sudah benar-benar beroperasi.

Nampaknya apa yang dilakukan Coolpad menunjukkan keseriusannya untuk bercokol di Indonesia dalam waktu yang lama. Sepertinya taktik Coolpad yang menggandeng pihak ketiga untuk eksis di bumi pertiwi perlu untuk dicontoh oleh pemain-pemain lain di industri gadget modern ini. Baca juga Coolpad Max Meluncur Dengan Tampilan Mewah RAM 4 GB dan Coolpad Hadirkan Versi Murah dari Coolpad Note 3.

Top