Colek-Colekan Via Whatsapp

Fitur Mention Akan Hadir Di Whatsapp – Kehadiran Instant Messenger semenjak kehadiran layanan data memang tak pernah bisa dibendung lagi. Pasalnya, Instant Messenger menwarkan cara berkomunikasi via text yang lebih real time ketimbang email. Semenjak saat itu, silih berganti developer yang memenangkan hati konsumen dunia tak dapat dibendung lagi. Kali ini, WhatsApp bisa dibilang menduduki salah satu peringkat raja dari segala pilihan Instant Messenger dunia gadget.

colek colekan via whatsapp

Kemenangan WhatsApp dapat dibilang muncul dari kesederhanannya. Pasalnya, jika layanan Instant Messenger lain fokus untuk memberikan nilai entertaint lebih pada para pengguna, Whatsapp masih mempertahankan minimalis efisien sebagai konsep obrolannya. Hal ini yang kemudian bisa dikatakan membuat Whatsapp cenderung lebih baik dalam hal performa ketimbang layanan Instant Messenger lain. Alhasil, Whatsapp lebih nyaman digunakan dalam komunitas dengan spesifikasi telepon pintar beragam atau cenderung spesifikasi kelas pemula.

Namun, bukan berarti WhatsApp tanpa pengembangan lebih jauh. Kali ini, setelah fitur read more yang minimalis dan efisien mengisi jajaran fitru baru WhatsApp, kabarnya WhatsApp akan ketiban fitur baru sebagaimana dilansir dari laman Kompas  (28/6/2016). Tidak jelas apa sebutan fitur ini, yang jelas fungsinya sama layaknya ‘mention’ pada Facebook. Fitur ini dapat digunakan dalam bentuk pengetikan teks melalui simbol @ yang sudah biasa digunakan pada laman Facebook.

Sayangnya, karena masih dalam proses beta, fitur ini masih belum dapat dipastikan kemunculannya. Terlebih, hanya beberapa orang ‘dalam’ WhatsApp yang sudah menikmatinya. Sehingga belum ada teknis lebih lanjut mengenai fitur ini. Pasalnya, jika mengacu pada Facebook, karakter @ akan segera memunculkan daftar nama teman yang akan dipanggil. Namun untuk varian WhatsApp, rasanya masih bisa diragukan apakah perlu pengetikan sendiri atau tidak.

Selain fitur mention tersebut, kabarnya WhatsApp akan ketiban fitur emoji besar dan grup publik. Jika melihat fungsionalitasnya, fitur emoji besar nampaknya dibuat untuk mengisi kekurangan fitur stiker yang ada pada Instant Messenger lain. Sedangkan grup publik yang masih belum jelas ujungnya, dapat diprediksi sebagai chat room yang berisi pengguna acak dari seluruh dunia.

Melihat fitur read more dan nanti mention, nampaknya WhatsApp akhir-akhir ini benar-benar berasa seperti Facebook. Masih belum jelas rencana Facebook ke depan terhadap WhatsApp setelah akuisisinya pada 2014 yang lalu. Baca juga  WhatsApp Tambah Fitur Streaming Musik dan Pengguna Mulai Beralih Ke Panggilan Digital.

Top