Berat SSD Samsung 512 GB Hanya 1 Gram

Samsung Buat SSD 1 Gram Saja – Perkembangan teknologi mikro semakin hari semakin ditinggalkan. Pasalnya, teknologi nano mulai dikenal secara luas dan memberikan dampak yang signifikan mulai dari ukuran, berat, dan kemampuan produk yang menggunakan teknologi ini. Hal ini juga berlaku dalam dunia penyimpanan memory. Setelah sekian lama piringan optik bertahan dan tak mampu terkalahkan, era ini bisa disebut era memory flash yang memang sangat kecil dan ringan jika dibandingkan dengan memori berbasis optik.

berat ssd 512 gb hanya 1 gram

Mengusung nama SSD yang merupakan kependekan dari Solid State drive membuat teknologi yang satu ini hampir mampu menggantikan kehadiran hard disk drive (HDD). Kelebihan utamanya sebenarnya terletak pada ketiadaan gangguan fisika yang berarti pada SSD. Pasalnya, HDD menggunakan piringan berputar yang masih dipengaruhi oleh fisik dan gravitasi. Alhasil, HDD sangat riskan rusak akibat benturan bahkan listrik yang tak stabil.

Kali ini, Samsung sebagai produsen kelas dunia menampilkan SSD buatannya dengan kapasitas 512 GB. SSD ini mengusung seri NVMe PCle dengan mekanisme pemasangan array ball grid yang lebih ringkas. Alhasil, untuk kapasitas yang cukup besar tersebut ukuran  20x16x 1,5 milimeter dan memiliki bobot berat 1 gram telah mampu diraihnya.

Itu artinya, dengan ukuran yang sama SSD ini akan memiliki kapasitas yang lebih beesar daripada HDD dengan manipulasi pemasangan paralel tertentu. Secara performa, Samsung mengklaim bahwa SSD-nya kali ini bahkan melebihi 3 kali kecepatan SSD SATA lainnya, demikian dilansir dari Okezone (3/6/2016).

Tercatat kecepatan read hingga 1.500 MB/s. Serta kecepatan tulisnya hingga 900 MB per detik. Itu artinya, untuk melakukan transfer pada SSD ini dengan video sebesar 5 GB hanya dibutuhkan waktu sekitar tiga detik saja. Hal ini tentunya terbilang luar biasa dan menghemat waktu. Bisa dikatakan, teknologi ini menyamai teknologi super komputer yang ada saat ini.

Jika menengok ukuran tersebut, bukan tak mungkin apabila SSD ini akan dimasukkan dalam sebuah telepon pintar. Tentu dapat dibayangkan bagaimana kerennya sebuah telepon pintar yang memiliki memori sebesar 512 GB. Tentunya kapasistas tersebut dapat dibilang sudah lebih luas ketimbang komputer saat ini kebanyakan. Sayangnya, hingga saat ini belum diketahui berapa harga SSD tersebut dan dalam bentuk apa saja SSD tersebut akan dijual. Baca juga Fixstars Umumkan SSD 6 TB dan Intel dan Micron Perkenalkan 3D XPoint.

Top