Awas! Militer Saja Mengalami Crash Komputer

Crash Komputer Sebabkan Militer Kalang Kabut – Crash adalah kejadian yang mana sistem operasi pada komputer tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jika dalam tataran komputasi sederhana tanpa melibatkan penyimpanan data hasilnya hanya sekedar membuat sistem gagal berfungsi dan perlu direstart kembali, beda cerita dengan sistem komputasi yang melibatkan penyimpanan data. {asalnya, dengan mekanisme penyimpanan data yang bertahap, kegagalan fungsi di tengah jalan penyimpanan akan menyebabkan data komputer menjadi hancur dan tak dapat dibaca lagi. Hal inilah yang biasa disebut dengan sistem korup.

awas militer saja mengalami crash komputer

Jika berbicara masalah kompuytasi pada ruang militer, lazimnya segala sesuatu harus berjalan sempurna. Pasalnya, olahan informasi ala militer tentu sangat memengaruhi pertahanan dan keamanan suatu negara. Untuk itu, keamanan tingkat tinggi untuk menyelamatkan ifnormasi tersebut harus tetap menjadi prioritas tingkat pertama. Menariknya, dilansir dari Kompas (16/6/2016), kali ini Militer Angkatan Udara Amerika Serikat menjadi korban komputer crash tersebut.

Akibat sistem komputasi yang crash, Angkatan Udara bersangkutan kehilangan informasi penting yang telah dikumpulkan selama 12 tahun. Walaupun bukan informasi masalah kemiliteran secara langsung, namun hal ini tetap membuat bingung otoritas tersebut. Pasalnya, informasi tersebut berisi lebih dari 100.000 catatan kasus investigasi internal angkatan udara AS, mulai dari kasus penipuan dan perselisihan di tempat kerja hingga pelecehan seksual.

Masalah ini terjadi lantaran pihak militer AS menggunakan jasa pihak ketiga untuk memroses penyimpanannya. Firma pertahanan Lockheed Martin yang ditunjuk sebagai pengelolanya ternyata sudah berusaha melakukan proses recovery selama 2 minggu atas data tersebut namun tidak mampu memberikan hasil yang memuaskan. Juru bicara angkatan udara Ann Stefanek menegaskan bahwa hingga saat ini kemungkinan sabotase dalam bentuk kesengajaan penghilangan data tersebut belum ditemukan identifikasinya. Sehingga hingga saat ini, masih dianggap sebagai suatu kejadian di luar kuasa atau mungkin kelalaian.

Menanggapi kejadian tersebut, Angkatan Udara Amerika Serikat sudah berusaha untuk meminta bantuan Pentagon dalam recovery data tersebut. Selain itu, dikabarkan beberapa pihak swasta juga ikut digandeng menyelesaikan masalah ini. Solusi terakhir mungkin akan menggunakan backup atas sebagian data yang tersimpan di markas-markas angkatan udara AS tersebut. Baca juga Update iOS 9.3.2 Bawa Pesan Error 56 dan Setelah Alami Beberapa Masalah Akhirnya Apple Rilis iOS 9.3.1 Versi Pembaruan.

Top