Apple Kembangkan Paten Anti Pecah

Paten Baru Apple Bisa Membuat Ponsel Tak Pecah – Pasca hancurnya kepopoleran Nokia yang dikenal sebagai pmebuat ponsle berkualitas tinggi, ponsel dengan segudang fitur nampaknya lebih menarik perhatian konsumen ketimbang ponsel sekeras batu yang tak rusak sekalipun dilempar dan dibanting. Namun pada kenyataannya, konsumen kembali tersadarkan bahwa ponsel yang kuat menjamin ketersediaan kebutuhan dasar telekomunikasi setiap saat. Di samping itu, harga jual kembali ponsel yang tahan lama lebih menjamin ketimbang ponsel yang terkenal cepat rusak.

apple kembangkan paten anti pecah

Sebagai ponsel kelas premium, tentunya Apple gengsi apabila produknya dicap sebagai ponsel yang tak awet. Apalagi, jika banderol selangit produk Apple kemudan jatuh pada tataran produk seken, tentunya sedikit banyak akan menjatuhkan harga diri produsen gadget asal Amerika Serikat tersebut. Namun demikian, kehadiran layar sentuh memang menjadi fitur yang memiliki dampak negatif terhadap ketahan sebuah ponsel. Tentunya secara wajar, kaca akan pecah apabila terbentur dengan kekuatan tertentu.

Melihat fenomena tersebut, Apple memang berusaha membuat kaca-kaca yang keras seperti batu. Namun hal tersebut ternyata selain mahal, juga melanggar kodrat sebagai kaca yang memang mudah pecah. Untuk itu, Apple kali ini tengah mengembangkan paten terbarunya. Paten kali ini tidak berpusat pada kekuatan kaca yang menyelimuti produk-produknya, melainkan paten penempatan komponen sehingga dapat ditentukan posisi tubrukan tertentu.

Apabila di kronologiskan, kejadian kaca pecah lebih sering terjadi akibat ponsel yang jatuh. Pada tataran praktis, ponsel yang jatuh selalu bertumpu pada posisi kaca menghadap tanah. Alhasil, kaca-lah yang akan menyerap pertama kali seluruh gaya tersebut yang membuatnya menjadi pecah.

Paten Apple kali ini akan merekayasa berbagai penempatan komponen di dalamnya sehingga posisi jatuh pada perangkatnya tidak akan berada pada posisi kaca di bawah, sebagaimana dilansir dari Okezone (4/6/2016). Otomatis, posisi yang dipilih merupakan posisi teraman yang telah dilindungi dengan lapisan peredam benturan tertentu sehingga seluruh komponen akan aman dan tak mungkin pecah.

Walaupun secara konsep nampaknya telah matang, namun belum dapat dipastikan apakah Apple akan segera mengaplikasikan paten ini terhadap produknya. Jika dilihat dari konsepnya, nampaknya fitur ini tak akan begitu efektif menangani kaca pecah pada telepon pintar. Baca juga Apple Berikan Promo untuk iPhone 5S di ICS 2016 dan Apple Bingung Beri Nama iPhone Terbarunya.

Top