Apollo Lake dan Kaby Lake Siap Produksi

Processor Intel Apollo Lake dan Kaby Lake Segera Lahir – Setelah sebalumnya pemberitaan mengenai processor AMD terbaru, kali ini processor baru kembali lahir dari tangan Intel. Memang, untuk segmen pasar Personal Cmputer, kedua perusahaan tersebut bisa dibilang bersaing sengit satu sama lain sejak lama. Tentunya, persaingan sengit memang masih dalam tataran sehat lantaran persaingan sengit yang dimaksud dari sisi teknologi dan harga.

apollo lake dan kaby lake siap produksi

Jika AMD kemarin menyasar ke processor tertingg Intel i-series. Kali ini Intel malah aktif mengembangkan processor di bawah kelas i-series. Sebagaimana diketahui, Intel memiliki varian lain selain i-series sebut saja atom, celeron, pentium, dan sebagainya. Kali ini, pengembangan berada pada kelas intel pentium dan celeron dengan nama kode Apollo Lake dan Kaby Lake. Kelahiran duo Lake ini akan segera terjadi. Pasalnya, dilansir dari Kompas (10/6/2016), baik Apollo dan Kaby telah diumumkan dalam proses produksi pada Computex 2016 di Cina. Rencananya, duo Lake itu akan dipasarkan pada kuartal ini meskipun belum jelas kapan tanggal yang pasti untuknya.

Sebagai informasi, keberadaan Apollo dan Kaby sebenarnya sudah diumumkan semenjak bulan April yang lalu. Sebagai processor yang berada pada kelas Celeron dan Pentium,Apollo Lake dijanjikan akan memberikan peningkatan dalam hal performa CPU dan grafis dibandingkan dengan generasi prosesor Celeron dan Pentium sebelumnya. Tentu, untuk kelas processor ini penggunaan konsumsi daya yang lebih rendah tetap menjadi perhatian utama walaupun nampaknya mustahil untuk lebih irit daripada Atom.

Sedangkan untuk Kabby Lake sudah terbilang masuk dalam kategori kekinian. Pasalnya Kaby Lake mendukung USB 3.1, HDCP 2.2, dan Thunderbolt 3. Seri paling standar processor inipun sudah mendukung empat core dan juga teknologi Optane yang akan menjamin performanya ketika digunakan. Kemampuan ini didapatkan dari teknologi fabrikasi 14 nm yang modern. Selain itu, Kabby dijanjikan akan mendukung socket LGA 1151.

Jika melihat kelasnya, dapat dipastikan perangkat yang akan menggunakan processor ini berada pada kelas menengah sedikit ke atas. Namun untuk sekelas Intel, dapat dipastikan kemampuannya lebih daripada yang lain. Tentunya, semua janjia dan jaminan tersebut perlu menunggu kepastian hasil pemasaran pada tahun berikutnya sebagai bukti yang tak terbantahkan. Baca juga Dell Rilis Tablet Windows 10 Terbaru Seri Dell Venue 8 Pro 5000 dan AMD Kembali Saingi Intel.

Top