Android Langsung Mati Disentuh Maling

Kill Switch Akan Mematikan Android Selamanya – Jika pabrikan ponsel pada umumnya berfokus untuk menghasilkan ponsel pintar yang lebih lama kehidupannya, nampaknya hal tersebut agak berbeda dengan Google. Pasalnya, kali ini Google sedang mengembangkan fitur untuk membunuh perangkatnya dalam waktu singkat. Tentu, hal ini dilakukan dengan sengaja karena alasan tertentu.

android langsung mati disentuh maling

Dilansir dari Kompas (9/6/2016), Google bisa dikatakan memahami penggunanya dengan menanamkan fitur bernama Kill Switch. Fitur ini sebenarnya dibuat untuk mencegah maling berbuat banyak pada ponsel yang dicurinya tersebut. Pasalnya, untuk sebagai orang kelas atas, ketimbang memikirkan kehilangan ponselnya, data merupakan hal yang lebih penting dari harga tersebut. Hal ini sebelumnya dilakukan oleh Google melalui remote wipe yang nampaknya kurang efektif lantaran perlu diaktifkan terlebih dahulu oleh si pemilik pasca kemalingan. Itupun, jika perangkat terhubung dengan internet dan/atau jaringan seluler.

Jalan satu-satunya adalah menempatkan kill switch pada Android. Sakelar ini bukan merupakan sakelar fisik melainkan sakelar sistem dengan konsep terbuka. Artinya, Google akan membebaskan apra vendor telepon pintar untuk menuangkan logika aktivasi kill switch ini. Bisa karena salah memasukkan password, bisa mekanisme booting yang salah, dan sebagainya.

Secara umum, akibat kill switch ini adalah membuat Android bricked. Bricked sendiri merupakan istilah umum yang digunakan oleh developer Android untuk menamai kondisi ponsel pintarnya yang sudah menjadi batu bata (brick) alias tak berfungsi lagi. Hal ini bisa berarti ponsel pintar dalam keadaan mati total (hard-bricked), maupun bootloop (softbricked).

Sederhananya, kill switch akan melakukan flashing terhadap program yang sudah ditanamkan sebelumnya di internal memory ketika diaktifkan. Program tersebut berisi serangkaian kode untuk menghancurkan Android dari dalam. Secara sederhana, jika seluruh file system Android dihapus, niscaya Android akan segera menjadi batu bata hal inilah yang dituangkan dalam program tersebut.

Alhasil, para maling akan segera kesal karena tak mendapatkan apa yang diinginkannya. Namun demikian, konsep kill switch ini bakal seperti pedang bermata dua. Pasalnya, tak jarang pemilik Android yang melakukan kesalahan pada ponsel nya sendiri seperti salah memasukkan password atau salah emenkan tombol ketika booting. Bukan tak mungkin, jika fitur ini dapat menjadi senjata makan tuan di masa depan. Baca juga Google Rombak Sistem Operasi Android dan Pembaruan Terbaru Google My Account Bisa Cari Ponsel yang Hilang.

Top