Akhirnya Intel Core i-Series Punya Pesaing

AMD Kembali Saingi Intel – Setelah sekian lama bercokol pada posisi puncak sebagai vendor satu-satunya yang mampu membuat processor PC dengan tenaga terkuat, akhirnya Intel harus siap keok kembali di depan AMD. Pasalnya, AMD tengah sibuk menyiapkan chip terbarunya untuk mengalahkan varian terbaik Intel Core-i7 yang sempat tak terkalahkan dalam dunia komputasi personal.

akhirnya intel core i series punya pesaing

AMD sendiri memang dikenal sebagai produsen processor yang lebih ramah di kantong. Walaupun memang, biasanya Intel lebih unggul pada ketahanannya menghadapi panas. Hal tersebut memang menjadi hal yang wajib bagi Intel lantaran Processornya terkenal mudah panas terutama untuk menjalankan program-program berat.

Menariknya, kali ini AMD membocorkan informasi tengah melesat jauh meninggalkan teknologi yang digunakan Intel dalam Core i7-nya. Melalui branding AMD 7th Gen, AMD bahkan menawarkan processor yang memiliki clock hingga 3.7 GHz. Dibandingkan dengan Intel Core i7 versi hemat energi yang hanya berada pada clock 2.8 GHz tentu performa yang diberikan akan nampak sekali perbedaannya.

Walaupun demikian, ternyata versi boros energi ala i7-6700K masih menempati urutan teratas di 4 GHz. Hal ini sebenarnya agak bermasalah, lantaran daya yang dibutuhkan hingga 91 watt, nyaris 3 kali lipat dengan AMD 7th Gen FX 9830 P yang hanya 35 Watt tersebut. Tentu, catatan daya ini sangat penting berkaitan dengan penggunaan listrik yang dibutuhkan terutama untuk varian komputer mobile dalam hal ini laptop.

Nah, chipset AMD yang diusung akan menjadi juara baru tersebut secara default telah menggunakan Radeon R7 Graphics sebagai VGA-nya. jadi jangan ditanya masalah performanya. Apalagi, jika mengingat produk yang sudah-sudah, Intel HD pada kelas yang sama selalu dikalahkan oleh varian Radeon dari AMD secara objektif.

Sayangnya hingga saat ini belum ada kabar mengenai banderol harga yang akan diusung oleh chip terbaru AMD ini. Jika yang disasar adalah kelas laptop, tentunya chip AMD ini tak mungkin dapat dibeli secara satuan. Namun tentu saja, harga chip per satuan tersebut dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan harga laptop yang akan menggunakannya. Jika melihat sepak terjang AMD selama ini, bukan tak mungkin jika harga chip ini akan lebih murah ketimbang varian Intel Core i-series manapun. Baca juga Intel Core i5 Skylake Bakal Disematkan Pada Zenbook UX305 dan Asus Rilis Notebook N551Z Berkekuatan Prosesor Paling Gahar dari AMD.

Top