Wow, Google Kenalkan Aplikasi Chat Cerdas “Allo”

Google Memperkenalkan Allo pada Google I/O 2016 – Tidak seperti biasanya, kali ini gelaran tahunan Google I/O 2016 yang diadakan di Shoreline Amphiteater, Mountain View, California, AS berlangsung secara meriah dan tidak membosankan.

Google Memperkenalkan Allo pada Google I/O 2016

Dalam kesempatan tersebut, raksasa mesin pencari tersebut mengenalkan sebuah layanan pesan baru yang diberi nama dengan Allo. Allo sendiri merupakan aplikasi chatting berbasis nomor telepon layaknya WhatsApp atau Line yang menawarkan percakapan teks dan panggilan video lebih baik. Allo sengaja dibuat dengan tujuan bisa membuat komunikasi lebih ekspresif berdasarkan kepribadian pengguna, namun aplikasi tersebut baru bisa digunakan saart musim panas nanti.  Selain itu, Allo juga menghadirkan fitur unik yang berbeda dibandingkan dengan WhatsApp maupun Line. Fitur tersebut adalah fitur  integrasi Google Assistant.

Saat melakukan percakapan dengan orang lain, Allo menawarkan cara kerja yang menarik dimana aplikasi buatan Google tersebut bisa memberikan saran balasan pesan seperti apa yang biasa dilakukan. Kemudian, pengguna bisa langsung bertanya pada Google Assistant di dalam jendela chat. Contohnya ketika kita melakukan pemesanan tempat makan untuk kedua orang yang sedang berbincang.

Erik Kay selaku manajer teknik juga memaparkan penjelasannya mengenai bagaimana teknologi assistive bisa membuat pesan lebih produktif dan ekpresif. Pada dasarnya, Allo sama seperti aplikasi pesan lainnya tetapi aplikasi tersebut memiliki kelebihan di fitur tertentu, misalnya suggested replies yang sebelumnya dirilis Google untuk inbox Gmail.

Allo juga bukan hanya sekedar aplikasi chatting yang hanya didukung dengan teks dan stiker saja. Karena Allo dibuat dengan memanfaatkan program kecerdasan buatan canggih milik Google. Program tersebut memungkinkan Allo memiliki fitur-fitur cerdas, misalnya ‘Smart Reply’. Dengan fitur tersebut, Allo bisa mempelajari kebiasaan chat dari pengguna. Misalkan saja saat pengguna sering menjawab “iya”, atau “tidak” maka Allo bisa mengingatnya. Selain itu, dengan program kecerdasan buatan ini maka Allo juga bisa mengenali tulisan yang ada pada gambar atau foto yang sudah diedit. Misalnya ada teman yang mengirimi foto makanan, maka secara otomatis Allo akan menampilkan alternatif chat balasan seperti ‘Yummy!’. Baca juga Google Persiapkan Google Trips Bagi Pengguna yang Suka Bepergian dan Google Tawarkan Pemberitahuan Aplikasi Android yang Berisi Iklan.

 

 

 

Top