Sony Hentikan Proyek PS

Proyek PS Akan Dihentikan – Dunia game modern saat ini tidak lepas dari kontribusi besar Sony. Pasalnya, terbitnya PSX sebagai bagian awal dunia game berukuran file jumbo memberikan variabel penting terhadap pola pengembangan game-game berikutnya. Apalagi, konsep joystik yang ditawarkan oleh Sony pada perangkat Playstationnya dirasakan sangat nyaman bagi penggunanya. Bahkan mungkin bisa dibilang, kehadiran stick PS di belantara game konsol sudah tidak mampu dipisahkan. Alhasil, pengembangan joystick dari berbagai vendor-pun mau tak mau jadi megikuti gaya Stick Playstation.

sony hentikan proyek ps

Setelah kesukesannya melalui duo PSX dan PSOne, Sony-pun buru-buru melamar varian PS2 sebagai konsol terbarunya. Penawaran mesin yang lebih baik memberikan peluang bagi developer game untuk membuat game yang lebih kompleks. Outputnya sudah jelas, konsol ini laris manis di pasaran. Naluri pebisnis sudah jelas bermain, PS2 dikeluarkan versi slim dan akhirnya terpaksa sedikit mandeg di varian PS3.

Bukan masalah konsol PS3 ini jelek atau kurnag berkualitas. Masalah mandegnya konsol ini lantaran pesaingnya yang mulai bergerilya. Pesaing utama muncul dari Game PC yang memang mampu menyajikan kualitas tidak terbatas apabila dibandingkan dengan PS3. Tentunya, kualitas tersebut sangat erat hubungnnya dengan budget penggunanya.

Namun yang paling menjadi krusial adalah game mobile. Bisa dibilang, sedikit banyak dunia game mobile juga dilahirkan melalui PSP. Alhasil, PS3 selain bersaing dengan konsol sendiri yang lebih mini juga harus bersaing dengan game mobile di perangkat ponsel pintar. Namun, penggemar setia game konsol nayatanya masih lebih memilih PS3 ketimbang game mobile. Alasannya jelas, game konsol memiliki kualitas grafis yang lebih baik ketimbang game mobile.

Hal ini yang mendukung Sony untuk menerbitkan PS4 dan PS5 kendati tanggalnya masih dirahasiakan. Sayangnya, adik PS5 yakni PS6 dikabarkan tidak akan lahir. Dikabarkan Okezone (16/5/2016), CEO Ubisoft, Yves Guillemot menaytakan jangan berharap banyak untuk melihat konsol lanjutan dari PS5. Hal ini lantaran Playstation dan developer game yang terafiliasi dengannya tengah bersiap menuju kawasan game streaming.

Walaupun secara gamblang dinyatakan belum ada kesepakatan resmi untuk tipe konsol terbaru, namun Guillemot menyatakan bahwa diperlukan suatu siklus baru sebelum dunia game playstation benar-benar beralih ke dunia streaming. Melihat komentar tersebut, bisa jadi PS5 akan menyajikan dua tipe gaming yakni konsol offline dan online sebagai transisi dunia game konsol ke streaming. Baca juga PlayStation 4 Sediakan Fitur Remote Play di Versi Terakhirnya dan PlayStation 4 Neo Hadir Dengan Resolusi 4K.

Top