Smartfren Klaim Suara Lebih Jernih dengan Teknologi VoLTE

Smartfren,Satu-satunya Operator Seluler yang Menggunakan Teknologi VoLTE – Langkah operator seluler Smartfren dalam mempromosikan teknologi Voice over LTE (VoLTE) bisa digunakan untuk melakukan panggilan suara dan video melalui jaringan seluler 4G LTE terus menerus dilakukan. Hal ini dilakukan agar pengguna internet yang hobi malakukan voice maupun video call bisa beralih menggunakan Smartfren.

Smartfren,Satu-satunya Operator Seluler yang Menggunakan Teknologi VoLTE

Smartfren mengklaim bahwa secara kualitas penggunaan voice dan video call yang disalurkan melalui teknologi VoLTE akan menghasilkan suara yang lebih jernih dibandingkan dengan pemakaian aplikasi OTT berbasis data internet. Seperti yang dijelaskan oleh Munir Syahda Prabowo selaku VP Special Project Network Smartfren dimana penggunaan VoLTE akan menghasilkan suara yang lebih jelas dibandingkan dengan Skype dan Line, karena jalur VoLTE sendiri menggunakan jaringan Smartfren.

“Skype dan Line mengalihkan trafik ke server di luar negeri dulu, karena itu kualitasnya kurang bagus,” ungkap Munir.

Tidak seperti jaringan 2G dan 3G, jaringan 4G LTE sebenarnya tidak mendukung transmisi suara. Karena operator 4G LTE biasanya akan menggunakan jaringan 2G/3G ketika pengguna melakukan panggilan suara. Sedangkan jika melalui protokol VoLTE, maka trafik voice maupun video bisa langsung disalurkan melalui jaringan 4G tanpa harus beralih ke jaringan 2G maupun 3G terlebih dahulu.

Selain itu, keuntungan dari penggunana VolTE adalah bandwidth untuk transmisi suara lebih besar sehingga kualitas yang dihasilkan pun juga baik. Bahkan panggilan suara dan pemakaian koneksi data bisa berjalan bersama-sama dalam satu waktu.

Secara umum, Munir menjelaskan bahwa VoLTE bisa menggantikan fungsi voice tradisional yang dulu memakai 1x (1xRTT, untuk CDMA), atau 2G dan 3G. Selain itu juga bisa ditambahkan kemampuan video karena transmisinya menggunakan data. Ini tidak bisa dilakukan dalam voice biasa.

Smartfren sendiri mengklaim dirinya sebagai satu-satunya operator seluler di Indonesia yang sudah menggunakan teknologi VoLTE di perangkat dan juga jaringan 4G LTE nya. Baca juga Smartfren Ungkap Kelebihan Perangkat Berteknologi VoLTE dan Kini Pengguna Andromax Lawas juga Bisa Nikmati VoLTE.

Top