Samsung Pensiun Garap Smartwatch Android Wear! Mengapa?

Miliki Tizen, Kini Samsung Berhenti Produksi Smartwatch Android Wear – Samsung memang menjadi sebuah perusahaan raksasa asal Korea Selatan yang tak hanya eksis di sektor smartphone Androidnya saja. Untuk berbagai alat pintar lainnya, Samsung juga merupakan yang diperhitungkan di pasaran. Salah satunya untuk produknya smartwatch yang menggunakan platform OS Android yaitu Android Wear. Namun, kabarnya kali ini Samsung dilaporkan tak akan lagi membuat smartwatch Android Wear lagi. Benarkah?

miliki tizen kini samsung berhenti produksi smartwatch android wear

Berdasarkan informasi dari Phone Arena yang dirangkum melalui halaman Okezone, Rabu (25/05/2016) tertulis bahwa perwakilan dari Samsung dilaporkan baru-baru ini memberi konfirmasinya yang terkait bahwa perusahaan tak akan lagi merilis smartwatch berbasis Android Wear. Mengingat Samsung memiliki sistem operasi atau OS yang telah dikembangkannya sendiri, bernama Tizen, kemungkinan besar Samsung akan mulai menggunakan OS tersebut untuk meracik smartwatch berikutnya. Dalam hal ini, bahkan petinggi Samsung mengklaim bahwa Tizen OS dirasa jauh lebih efisien dibandingkan dnegan Android Wear.

Samsung juga berharap, bahwa Tizen OS akan memungkinkan memberi pembeda untuk produk smartwatch yang saat ini telah beredar. Jadi, itu artinya OS buatan Samsung ini telah mempersiapakan sesuatu yang berbeda dibandingkan smartwatch pada umumnya.

Dengan menggunakan OS Tizen yang dikembangkan sendiri, memungkinkan bagi Samsung untuk melakukan serangkaian modifikasi smartwatch buatannya menjadi lebih unik. Namun, untuk hal tersebut perusahaan raksasa asal Korea Selatan ini harus menggelontorkan dana yang tak sedikit untuk mengembangkan softwarenya itu.

Sebagai informasi, saat ini Samsung telah memiliki Gear Live yang merupakan perangkat smartwatch pertama buatannya yang meggunakan sistem operasi Android Wear. Samsung sendiri mengenalkan Gear Live tersebut sekitar dua tahun yang lalu saat berkesempatan di ajang Google I/O 2014.

Sejak saat itu, Samsung mulai sibuk mempersiapkan dan menggunakan platform buatannya sendiri yang disebut Tizen. Untuk smartwatch-smartwatch berikuntya, OS inilah yang mengambil alih setiap kinerjanya. Selain mulai beralih pada OS buatannya sendiri untuk smartwatch, rupanya sejak tahun lalu Samsung telah  menghentikan produksi dari Gear Live.

Seperti apa produk smartwatch Samsung berikutnya ya? Baca juga Gear Fit 2 dan IconX,Siap Diperkenalkan oleh Samsung dan Samsung Perkenalkan MicroSD 256 GB

Top