Rahasiakan Data Penggunanya, WhatsApp Diblokir!

Aplikasi WhatsApp Diblokir Selama 72 Jam – Terhitung sejak kemarin Senin (2/5) siang waktu setempat, aplikasi pesan instam populer WhatsApp diblokir oleh pemerintah Brazil. Hal ini disebabkan karena WhatsApp menolak memberikan data penggunanya kepada pemerintah Brazil guna penyelidikan kriminal.

Aplikasi WhatsApp Diblokir Selama 72 Jam

Berita tersebut pertama kalinya disampaikan oleh media lokal Folha de S.Paulo. Dimana pada tahun 2013 yang lalu, pemerintah Brazil berniat membuka data pengguna WhatsApp terkait dengan adanya penyelidikan atas tindakan kriminal online. Tetapi karena adanya enkripsi yang digunakan dalam WhatsApp, maka data dari aplikasi tersebut tidak dapat dibuka dari luar.

WhatsApp sendiri tidak menyampaikan alasan pasti dari penolakannya dalam memberikan data penggunanya. Apakah memang WhatssApp tidak mempunyai data yang dianggap penting tersebut atau memang semua data yang ada dirahasiakan dan tidak boleh dibeberkan meskipun untuk kepentingan pemerintahan sekalipun.

Akhirnya, dalam persidangan yang digelar pada tanggal 26 lalu, hakim pengadilan Brazil meminta operator seluler di Brazil untuk memblokir layanan pesan instan tersebut. Perintah pemblokiran tersebut telah disampaikan oleh hakim Marcel Montavao. Montavao meminta agar lima operator telekomunikasi utama Brazil memblokir akses WhatsApp selama 72 jam. Dan bagi operator telekomunikasi yang melanggar hal tersebut akan terancam sanksi berupa denda sebesar 500.000 real atau setara dengan 140.000 dollar Amerika Serikat. Jika dirupiahkan, denda tersebut mencapai Rp 1,8 miliar. Angka ini bukan merupakan angka yang kecil, karena itu semua operator telekomunikasi di Brazil mematuhi perintah tersebut.

Keputusan pemblokiran yang diberikan pengadilan di Brazil dianggap tidak adil oleh WhatsApp. Pasalnya selama ini, WhatsApp telah ikut bekerja sama semampunya untuk menyelesaikan masalah yang sedang terjadi. Tetapi tetap saja keputusan yang diambil adalah memblokir aplikasinya dan itu membuat kecewa WhatsApp serta lebih dari 100 juta orang pengguna WhatsApp merasa ikut menanggung hukuman tersebut hanya demi memaksa pihak WhatsApp menyerahkan informasi yang tidak mereka miliki. Selain itu, kekecewaan juga dirasakan pengguna WhatsApp di Brazil, karena akibat diblokirnya aplikasi WhatsApp tersebut menjadikan komunikasi menjadi terhambat. Baca juga WhatsApp Akan Bisa Kirim Semua Jenis File dan Enkripsi Terbaru Whatsapp Tidak 100% Aman.

Top