Persaingan Makin Ketat, Android Naik – iPhone Turun!

Android Makin Kuasai Pasaran Smartphone – Seperti kita ketahui, selama ini persaingan smartphone dunia memang didominasi oleh dua perangakat yaitu Andorid dan iOS. Meski ada beberapa perangkat lain seperti BlackBerry dan Windows Phone, namun yang memiliki persaingan paling ketat adalah perangkat dengan software buatan Google dan Apple tersebut. Jika sebelumnya, iPhone merupakan produk yang terbilang paling unggul kini sebutan tersebut mulai diambil alih oleh Android.

android makin kuasai pasaran smartphone

Berdasarkan laporan dari hasil riset yang dilakukan oleh Kantar Worldpanel Comtech telah menunjukkan bahwa Android mengalami peningkatan yang cukup bagus untuk pangsa pasar di wilayah Amerika Serikat, Eropa dan China. Ketiga pasar tersebut memang merupakan wilayah paling berpengaruh untuk pemasaran dari keduanya.

Dari informasi Cnet yang dilansir melalui halaman KompasTekno, Jumat (13/05/2016) tertulis bahwa dalam kuartal pertama tahun 2016 yang berakhir pada bulan Maret lalu, data Kantar menunjukkan pangsa smartphone Android di Amerika Serikat mengalamikenaikan year-over-year sebesar 7,3 persen, yang totalnya menjadi 65,5 persen.

Sementara data di China, pasaran Android mengalami peningkatan sebesar 5,9 persen yang totalnya menjadi 77 persen. Dan di lima negara Eropa seperti Inggris, Jerman, Perancis, Italia, dan Spanyol, telah tercatat kenaikan hingga 7,1 persen dan totalnya menjadi 75,6 persen.

Dalam hal ini, Lauren Guenveur selaku analis mobile Kantar mengatakan, “Ini merupakan peningkatan terbesar Android di 5 negara Eropa dalam waktu dua tahun terakhir,” Ujarnya.

Sementara pertumbuhan Andorid di Inggris sendiri, dipicu oleh bertenggernya Samsung pada urutan teratas.

Di belakang peningkatan Andoid, rupanya iPhone malah mengalami penurunan. Market share untuk perangkat buatan Apple ini mengalami penurunan sebesar 4,9 persen hingga menjadi 31,6 persen di Amerika Serikat.

Lalu, di lima negara Eropa yang sama dengan kenaikan pangsa pasar Andorid, iPhone mengalami penurunan sebesar 1,2 persen dan totalnya menjadi 21,1 persen. Namun, setelah emngalami penurunan di kuartal pertama tahun ini, Apple tak tinggal diam.

Seperti kita tahu, bahwa Apple telah memperkenalkan senjata andalannya yaitu iPhone SE yang merupakan perangkat minimalis dengan jeroan milik iPhone 6S yang dibanderol dengan harga lebih ekonomis. Hal ini, dispekulasikan bakal kembali mendongkrak angka market share Apple untuk kembali mengejar ketertinggalnnya dari Android. Baca juga Android Butuhkan Beberapa Fitur Milik iOS dan Google Kembangkan Bahasa Jawa Pada Ponsel Android

Top