Jempol Facebook Lebih Populer

Facebook Lebih Populer Melalui Fitur Like – Konsep awal Facebook mungkin memang diawali untuk menghubungkan banyak orang melalui suatu laman tertentu. Tentunya, perkembangan ke depan tidak membuat Facebook menjadi monotone dengan hal tersebut. Alasannya menjadi lebih sederhana karena berbagai cara dapat dilakukan untuk menghubungkan banyak orang untuk tetap terhubung. Salah satu cara tersebut adalah memberikan fitur-fitur menarik seperti komen, tombol like, bahkan sharing.

jempol facebook lebih populer

Dilansir dari Okezone (11/5/2016), ternyata didapati data bahwa pengguna Facebook lebih sering menekan jempol tombol like ketimbang menuliskan opininya melalui kolom komentar. Fakta ini didapat dari hasil riset atas 130 ribu posting di Facebook yang diambil oleh lembaga riset bernama Quintly. Lembaga ini memfokuskan risetnya di bagian analisis media, sehingga akurasinya tak perlu diragukan lagi.

Dari sampel tersebut, didapati 97 persennya menggunakan fitur like, komen atau share. Detailnya, sebanyak 76.4 persen pengguna tersebut menggunakan fitur jempol alias like. Sedangkan 14 persen menggunakan fitur share. Terakhir yang mengherankan hanya 7.2 persen yang menggunakan fitur komen. Sedangkan gap 2 persen yang ada menggunakan fitur-fitur lainnya.

Studi lanjutan memberikan data yang lebih mengagumkan. Untuk dapat menarik perhatian penggunaan fitur Facebook, nyatanya upload video lebih menonjol ketimbang sekedar foto ataupun gambar. Tercatat potensi reaksi video mencapai 40 persen dari sample yang ada. Untuk masalah komentar, ternyata ditemukan data reaksi icon Angry dan Wow menjadi urutan paling banyak digunakan.

Dari hasil riset tersebut nampaknya dapat diambil beberapa kesimpulan yang bisa dipelajari bagi penggemar Facebook. Pertama, seharusnya dari 100 pengguna Facebook ada sekitar 76 pengguna yang suka menebar jempolnya melalui tombol  like. Kemudian dari 100 pengguna tersebut ada 14 pengguna yang suka melakukan sharing atas apa yang dibacanya melalui Facebook. Sisanya, dari 100 pengguna Facebook , hanya 7 pengguna saja yang akan memberikan komentar pada suatu postingan di Facebook. Tentunya untuk urusan upload video beda lagi ceritanya. Dari 10 upload video, seharusnya ada 4 video yang mendapatkan reaksi entah like, komen, atau sharing.

Hal ini menjadi aspek pembenar apabila pengguna Facebook mengharapkan banyak like ketimbang komen maupun sharing. Tentunya, menjadi hal yang menyedihkan apabila jumlah teman dalam akun berjumlah lebih dari 100 namun tidak mendapatkan like sama sekali. Walaupun demikian penafsiran ini hanyalah generalisasi dari riset yang ada. Bisa jadi, dengan sampel yang ada tidak dapat menggambarkan populasi di seluruh dunia. Baca juga Facebook Perkenalkan Kamera 360 Resolusi 8K dan Facebook Tingkatkan Keamanan Dengan Fitur Pendeteksi Akun Palsu.

Top