Inilah Keajaiban dari Project Tango Google!

Begini Kemampuan Augment Reality dari Project Tango Google – Belakangan, dikabarkan pada ajang Google I/O, perusahaan raksasa ini akan memperkenalkan proyek riset dan pengembangan terbarunya. Hal seperti ini memang bukanlah hal baru bagi Google. Pasalnya, selama ini seperti kita kenal Google adalah salah satu perusahaan yang selalu melakukan riset dan eksperiman untuk menemukan inovasi baru di sektor teknologi.

begini kemampuan augment reality dari project tango google

Salah satu inovasi baru yang akan diperkenalkan Google adalah Project Tango. Proyek ini merupakan sebuah upaya untuk menghadirkan kemampuan augment reality yang dilakukan oleh Google.

Yang lebih membuatnya menarik, proyek ini pertama kali bukan dijajal oleh perangkat premium sekelas Samsung, namun akan dicoba pada perangkan Lenovo, di awal bulan Juni 2016 mendatang.

Sebelum resmi diluncurkan pada gelaran Google I/O 2016, terlebih dahulu pengunjung akan diberi kesempatan untuk menjajal demo dari Project Tango. Namun perlu diingat, bahwa untuk demo yang akan dilakukan adalah menggunakan tablet prototipe dan belum menggunakan smartphone produk Lenovo.

Dalam hal ini, seperti yang dilansir dari halaman KompasTekno, Sabtu (21/05/2016) yang mendapat kesempatan untuk menjajal langsung Project Tango di markas Google di Montai View, California, AS.

Perangkat Project Tango ini memang memiliki beberapa sisi perbedaan dengan perangkat Android biasa. Namun, kemampuan ini nantinya akan melekat pada sistem operasi Android N.

Perbedaan yang paling mencolok adalah adanya sensor khusus yang dikenal dengan sebutan 6-DOF atau six degree of freedom. Selain itu, kamera yang dimiliki oleh perangkat juga harus mampu menangkap kedalaman bidang (depth of field).

Menariknya, sistem operasi Android N akan mengusung kedua fitur tersebut. Itu artinya, perangkat apapun yang berjalan pada Android N akan bisa menjalankan Tango, asalkan kedua syarat sensor tersebut terpenuhi. Jika melihat secara teknis, tentu saja harus ada beberapa libraries di dalam perangkat Android N yang akan menjalankan project Tango tersebut. Libraries tersebut mislanya memiliki fungsi sebagai learning, depth dan augment reality.

Masih bingung dengan fungsi Project Tango untuk kehidupan sehari-hari? Nah, Tango ini misalnya akan bisa dimanfaatkan untuk sebuah katalog dari toko perabot dan bahan bangunan yaitu untuk melihat sisi ruangan untuk memasang furniture tertentu. Selain itu, pengguna juga akan bisa mengukur area tertentu di ruangan, sehingga akan bisa diketahui lebih detail berapa sisa ruang yang ada dan lebih mudah menyesuaikan pemasangan furniturenya.

Selain itu, Project Tango juga bisa sebagai media hiburan seperti permainan. Bagaimana? menarik, bukan? Baca juga Nama dari Versi Terbaru Android Akan Segera Terungkap dan Google Memperkenalkan Allo pada Google I/O 2016

Top