Google Image Punya Saingan

Bing Kembangkan Pencarian Gambar – Bing dikabarkan tengah mengembangkan fitur pencarian gambar melalui gambar. Jika ditengok sekilas, fitur ini mirip-mirip dengan Google Image yang selama ini telah dikenal luas. Mesin pencari yang dikembangkan oleh Microsoft ini nampaknya ogah kalah bersaing dnegan mesin pencari raksasa Google sebagaimana persaingan sengit operating system yang bermain di pasaran gadget global.

google image punya saingan

Dilansir dari Okezone (2/5/2016), dinyatakan bahwa fitur ini langsung dapat memberikan hasil pencarian terkait dari foto yang dihasilkan oleh kamera perangkat yang digunakan. Alhasil, apabila dibayangkan, teknik ini mirip dengan aplikasi Google Googles yang dahulu sempat timbul dan tenggelam entah kemana saat ini. Walaupun dapat langsung menganalisa hasil foto pada kamera, foto-foto atau gambar lain yang tersimpan di galeri juga tidak terlupakan untuk dapat diproses dalam pencarian.

Bagaimana caranya? Cukup buka Bing dan cari opsi pencarian gambar. Lantas pengguna dapat memilih gambar untukm dijadikan ‘keywords’ referensi pencarian. Gamabr yang dipilih juga dapat berasal dari jepretan langsung dari kamera sebagaimana diutarakan tadi. Setelah dipilih, pengguna dapat melakukan selection area. Selection area ini berfungsi untuk memfokuskan pencarian tepat pada fokus gambar yang dituju sehingga tidak melebar apada objek atau benda lainnya yang tidak sengaja ada dalam foto.

Bagaimana performanya? Dari sumber yang sama menyebutkan bahwa setelah dijajal dengan ‘keyword’ gambar berupa logo mitsubishi dengan televisi disebelahnya ternyata hasilnya tidak cukup memuaskan. Hal ini lantaran yang keluar malah logo dari vendor lain yang tidak relevan dengan Mitsubishi. Tentunya, hal ini membuktikan Microsoft butuh banyak waktu lagi untuk menyempurnakan ‘Bing Image’ ini.

Melihat dari idenya, rasanya memang pengembangan Bing tak lain untuk menyaingi Google yang tak terkejar. Jika melihat dari performanya, rasanya Google masih menjadi pilihan yang lebih apik dibandingkan fitur baru Bing tersebut. Namun apabila hanya sekedar ingin menjajal tak akan jadi maslah. Bahkan bukan tak mungkin, dengan pengalaman Microsoft yang berpuluh-puluh tahun dalam dunia sistem operasi, Bing akan mampu mengalahkan Google beberapa waktu ke deapan. Baca juga Microsoft Putuskan Akan Menutup Akses Google Search di Cortana dan Xbox One Edisi Captain America Segera Meluncur.

Top