Google Bakal Persiapkan VR Daydream Buatannya Sendiri!

Google Bakal Realisasikan Headset VR Buatannya – Sebelumnya, diketahui Google telah melisensikan desain dari headset vritual reality (VR) Daydream pada perusahaan rekanan untuk mulai digarap. Rupanya, selain melakukan itu Google juga memiliki rencana untuk membuat headset versinya sendiri.

google bakal realisasikan headset vr buatannya

Jadi, itu artinya selain akan dibuat oleh perusahaan rekanan, Google juga akan menghadirkan versi racikannya sendiri. Dan VR Daydream Google kemungkinan nantinya akan hadir dalam dua versi.

Berdasarkan kutipan dari halaman KompasTekno, Sabtu (21/05/2016),”Headset VR ini bukan cuma dibuat oleh perusahaan rekanan saja,” Ujar Head of VR Google, Clay Bavor dalam konfirmasinya.

Hal tersebut tak lain adalah salah satu strategi yang dilakukan Google untuk membuat penyebaran dari perangkat VR Daydrem lebih maksimal dan terjamin. Apabila nantinya perangkat buatan perusahaan rekanan kurang laku di pasaran, maka Google masih memiliki cara untuk mendorong penjualan dengan versi buatannya sendiri.

Jika melihat dari informasi yang beredar, VR Daydream ini juga merupakan generasi penerus dari Cardboard, atau kacamata VR murah buatan Google. Namun, bedanya Daydream ini dirancang dengan membawa pengendali remote yang disemati oleh berbagai sensor, tombol dan trackpad. Melihat dari segala fitur yang dibawa, tentu saja sudah cukup membuktikan bahwa VR Daydream lebih lengkap dibandingkan dengan Cardboard yang hanya sebatas wadah ponsel saja.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah, pengguna masih harus memanfaatkan ponsel Android untuk layar juga otak pengolahan data dari VR Daydream ini.

Untuk memenuhi hal itu, saat ini perusahaan raksasa tersebut telah menyiapkan beberapa produk ponsel yang nantinya siap digunakan oleh Daydream. Kabarnya beberapa vendor yang akan terlibat dalam mempersiapkan perangkat ini, diantaranya adalah LG, Samsung, HTC, Alcatel dan Xiaomi.

Selain itu, Google juga dikabarkan bakal menyematkan semacam mode khusus bagi sistem operasi terbarunya, yaitu Android N yang saat ini masih dalam persiapan peluncuran. Mode tersebut dikatakan bakal berisi home screen serta aplikasi-aplikasi Google yang dirancang khusus untuk perangkat VR.

Nampaknya, memang sistem operasi Androdi N ini akan hadir sebagai versi dengan fitur jauh lebih lengkap dari sebelumnya dan akan mendukung seluruh perangkat terbaru buatan Google. Baca juga Begini Kemampuan Augment Reality dari Project Tango Google dan Mode VR Bakal Hadir di Android N

Top