Cegah Siswa Nyontek, Irak Matikan Akses Internet Sehari Penuh!

Layanan Internet Seluruh Irak Dimatikan Mulai Pukul 5 Pagi Selama Periode Ujian – Dalam masa periode ujian, memang banyak sekali kasus yang telah terjadi terkait bocoran soal maupun aktivitas menyontek oleh para siswa. Hal ini bukan hanya terjadi di Tanah Air, di luar negeripun banyak kasus serupa. Terkait hal itu, Irak dikabarkan mematikan seluruh jaringan Internet guna mencegah terjadinya tindakan menyontek oleh seluruh siswa di negaranya.

layanan internet seluruh irak dimatikan mulai pukul 5 pagi selama periode ujian

Matinya koneksi internet ini, awalnya adalah diketahui oleh pengirim konten jaringan Akamai dan analis performa internet Dyn Research. Selain itu, informasi dari The Guardian yang dilansir dari halaman Okezone, Kamis (19/05/2016) juga menyatakan bahwa kebijakan tersebut diambil atas perintah dari Kementerian Komunikasi Irak yang berimbas pada akses secara online dan mobile broadband.

Dalam hal ini, informasi lain juga menyatakan bahwa Salah satu penyedia jasa layanan internet (ISP) yang ada di Irak, EarthLink, telah mengumumkan bahwa sejak tanggal 16 Mei, mereka telah memblokir akses ke halaman Facebook. Perusahaan tersebut mengatakan, bahwa perintah itu merupakan mandat dari Kementerian Telekomunikasi negara setempat.

“Berdasarkan instruksi Kementerian Telekomunikasi, layanan internet di seluruh Irak akan dimatikan selama periode ujian dari mulai pukul 5 pagi hingga pukul 8 pagi, termasuk kepada seluruh perusahaan yang ada di provinsi tersebut,” ungkap EarthLink.

Langkah ini, tak lain adalah merupakan antisipasi dari pemerintah Irak dalam melakukan pencegahan terjadinya tindakan menyontek di kalangan siswa tingkat menengah dan siswa kelas atas. Dengan cara mematikan jaringan internet di seluruh belahan negara Irak, tentu diharapkan kejadian aktivitas saling contek melalui media mobile atau media lainnya secara online akan dapat dicegah.

Hal ini dilakukan juga melihat perkembangan teknologi yang semakin maju, sehingga aktivitas menyontek akan lebih mudah dilakukan melalui media online.

Irak sendiri, telah dikenal sebagai negara yang sering mematikan internetnya. Negara tersebut diketahui pernah melakukan hal serupa saat ujian para siswa tahun lalu.

Rasanya langkah ini cukup efisien, akankah Indonesia bisa meniru hal tersebut? Baca juga Brasil Blokir WhatsApp, Kini Vietnam Blokir Facebook dan Huawei dan Singapura Kerjasama Ciptakan Akses Jaringan Tercepat

Top