Benarkah CoC Bakal Dibeli Perusahaan China?

Tencent Holding Ltd. Dikabarkan Bakal Beli Saham Mayoritas Supercell – Perusahaan internet asal China, yaitu Tencent Holding Ltd saat ini tengah menjadi percincangan hangat. Pasalnya, Tencent terlihat begitu ambisius untuk mengeasai dunia game mobile. Pandangan tersebut mulai datang saat perusahaan tersebut digosipkan bakal membeli saham mayoritas dari Supercell yang saat ini dilimiki oleh SoftBank Group Corp.

tencent holding ltd dikabarkan bakal beli saham mayoritas supercell

Supercell sendiri, seperti yang kita ketahui adalah studio game asal Finlandia yang menjadi salah satu perusahaan game berbasis mobile terbesar di dunia. Game-game buatannya juga menjadi primadona di dunia game mobile secara global. Perhatikan saja, seperti game-game buatannya yang populer adalah Clash of Clans (CoC), Hay Day dan Clash Royale. Rating dari ketiga jenis game ini bisa dikatakan sangat tinggi.

Seperti informasi Wall Street Jornal yang dirangkum melalui halaman KompasTekno, Kamis (26/05/2016) mengatakan bahwa Tencent sendiri saat ini masih melakukan tahap perbincangan awal dengan SoftBank. Menurut informasi tersebut, sejauh ini belum diketahui apakah SoftBank telah membuka diskusi akuisisi saham dengan pihak lain ataukah tidak.

SoftBank, sebagai perusahaan telekomunikasi raksasa asal Jepang ini merupakan pemilik saham mayoritas dari Supercell. Perusahaan tersebut telah membeli 51 persen saham Supercell sejak Oktober tahun 2013 lalu. Kemudian akhirnya tahun 2015 lalu telah ditingkatkan menjadi 73 persen.

Memang tidak disebutkan seberapa besar dana yang dikeluarkan SoftBank dalam akuisis tersebut. Namun, dari rumor yang terdengar, SoftBank menggelontorkan dana hingga 5,25 miliar dollar AS atau sekitar Rp 71,7 triliun.

Saham dari Supercell yang dimilki oleh SoftBank ini memang menjadi incaran oleh banyak perusahaan sejak dulu. Kabarnya, Developer game online asal China, Giant Interactive Group bersama dengan Alibaba dikatakan juga berminat dengan saham tersebut. Namun sejauh ini belum terdengar adanya kesepatan dari SoftBank dengan kedua perusahaan tersebut.

Supercell dikatakan tetap memilih berada di bawah bendera SoftBank. Menurutnya, berada di bawah Soft Bank membuatnya lebih bebas beroperasi dan leluasa untuk berkarya.

Tencent sendiri telah memiliki nama cukup besar untuk kalangan dunia game PC. Perusahaan ini telah memiliki sebuah anak perusahaan game asal AS bernama Riot Games. Nah, jika Anda termasuk penggemar Legue of Legends, maka inilah perusahaan yang bekerja dibalik game terkenal tersebut. Baca juga Ubisoft Janji Watch Dogs 2 Bakal Lebih Inovatif dan Resident Evil 7 Dikabarkan Akan Segera Dirilis Akhir Tahun 2016

Top