Asus, Selamat Tinggal Intel

Asus Ogah Pakai Intel Lagi – Pabrikan Gadget Asus dikabarkan ogah menggandeng Intel pada produk telepon pintar terbarunya. Padahal sebagaimana diketahui oleh pasaran, kesuksesan Asus dalam varian Zenfone-nya tidak lain juga merupakan peran serta dari Intel. Pasalnya, varian Zenfone terdahulu, Zenfone 4,5, dan 6 sama-sama menggunakan processor Intel dan nyatanya memang menjual di pasaran.

asus selamat tinggal intel

Paduan kemampuan Asus dalam meracik gadgetnya pada varian laptop dan kepiawaian Intel pada sisi otak gadget, tentunya menjadi pilihan tersendiri bagi konsumen. Asumsinya, paduan apik mereka di dunia Personal Computer juga akan berlangsung di dunia telepon pintar. Namun nampaknya, dengan lepasnya gandengan tangan Asus-Intel memberikan kesimpulan realita yang berbeda dari asumsi tersebut.

Jika melihat progres Asus dalam dunia gadgetnya, pasca generasi awal Zenfone awal laris di pasaran ternyata Asus perlahan tapi pasti mulai melepas Intel. Hal ini nampak nyata dari varian Asus Zenfone Go yang sudah beralih ke Mediatek. Updatean keluarga Zenfone Go-pun malah beralih ke Qualcomm dnegan Snapdragonnya. Walaupun memang varian terendah Zenfone Go masih menggunakan Intel, namun nampaknya bau-bau perpisahan sudah mulai dirasakan.

Walaupun demikian, varian Asus Zenfone 2 membuat langkah Asus sedikit tidak terbaca. Pasalnya, mengisisi kelas premium di sisi Zenfone GO, varian ini malah menyematkan chipset buatan Intel dengan Atom Mobile-nya. Tentunya hal ini menjadi tanda tanya besar apakah chipset dari Intel akan berusaha menyaingi chipset kelas premium dari vendor lain.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ternyata CEO Asus, Jerry Shen mengungkapkan bahwa varian terbaru dari Zenfone yakni Zenfone 3 yang akan bersegmen premium tidak akan menggunakan Intel sebagai jantungnya sebagaimana dilansir dari Okezone (17/5/2016). Entah apa alasannya, yang jelas langkah ini bisa dibilang jadi penentu Intel-Asus ke depannya. Apalagi, Shen menyatakan secara pasti bahwa varian terbaru tersebut nantinya akan menyabet Mediatek ataupun Qualcomm. Melihat hal tersebut, dapat dipastikan Snapdragon dan Helio akan menjadi teman baru di keluarga Zenfone 3.

Entah apa yang terjadi antara Intel dan Asus, yang jelas di beberapa forum seringkali mengeluhkan varian Zenfone generasi awal yang berprosesor Intel. Entah apa masalahnya, yang jelas keluhan cepat panas dan baterai cepat habis ramai bertebaran di forum-forum ulasan Zenfone. Bisa jadi, pilihan Asus pada Zenfone 3 memang memberikan simpulan atas kendala-kendala tersebut. Baca juga Produk baru, Asus Zenfone Go TV dan Pengguna Apple Jadi Target Empuk Penjahat Cyber.

Top