Android Vs iPhone, Pilih Mana??

iPhone Kalah Saing Terhadap Pengguna Android – Kiprah Android semakin mendominasi pasar smartphone di dunia. Hal ini terlihat dari banyaknya pengguna smartphone yang memilih platform Android sebagai sistem operasinya.

iPhone Kalah Saing Terhadap Pengguna Android

Berdasarkan data dari lembaga riset Kantar Worldpanel Comtech, penggunaan smartphone dengan platform robot hijau mengalami peningkatan pangsa pasar untuk wilayah Amerika Serikat, Eropa, dan China. Selain itu, data dari Kantar juga menunjukkan bahwa pangsa pasar smartphone Android di Amerika Serikat juga mengalami kenaikan year-over-year sebesar 7,3 persen menjadi 65,5 persen.

Sedangkan untuk wilayah China, penggunaan Android di pasaran smartphone juga naik 5,9 persen menjadi 77 persen. Sementara, di lima negara Eropa yang meliputi Inggris, Jerman, Perancis, Italia, dan Spanyol tercatat juga kenaikan terhadap penggunaan Android dimana mengalami kenaikan 7,1 persen menjadi 75,6 persen.

Salah satu analis mobile Kantar bernama Lauren Guenver juga menyebutkan jika peningkatan ini merupakan peningkatan terbesar Android yang pernah dicapai untuk lima negara Eropa dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini.

Kenaikan penggunaan Android untuk wilayah Amerika Serikat dan Inggris dikarenakan peran serta Samsung uang ikut andil dalam menjual produk buatannya dengan platform Android dan Samsung menjadi urutan teratas pabrik Android terbesar. Selain Samsung, merek lainnya yang meliputi Motorola dan LG juga ikut andil memberikan kontribusinya.

Berbeda dengan Android yang mengalami kenaikan, hal sebaliknya justru terjadi pada iPhone. Dimana pangsa pasar smartphone buatan Apple ini mengalami penurunan sebesar 4,9 persen menjadi 31,6 persen di pasar Amerika Serikat. Sedangkan untuk lima negara Eropa juga sama mengalami penurunan 1,2 persen menjadi 18,9 persen. Hal yang sama juga terjadi untuk pasaran China yang  mencatat penurunan pangsa pasar iPhone sebesar 5 persen menjadi 21,1 persen.

Penurunan ini tidak lantas didiamkan oleh Apple, untuk membuat Apple kembali ke pasaran dunia Apple telah mengeluarkan senjata barunya yang bernama iPhone SE. Ponsel 4 inci dengan “jeroan” yang hampir sama dengan iPhone 6S ini dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau. Kemungkinan, produk inilah yang nantinya bisa menggoyahkan pangsa pasar Android. Baca juga Apple Suguhkan Aplikasi Migrasi Android ke iOS dan Menukar Android dan BB dengan iPhone Baru.

Top