Akhirnya Google Patenkan Kontak Lensa Elektronik

Patenkan Bionic Eye, Google Harapkan Bisa Perbaiki Pengelihatan Tanpa Kacamata – Beberapa waktu lalu, Google dikabarkan bakal rancang perangkat sejenis cyborg untuk manusia yang diklaim akan bisa membantu penyandang tunenetra agar bisa melihat. Entah perangkat ini sejenis atau tidak, namun kabar terbaru mengatakan bahwa Google telah patenkan kontak lensa elektronik yang disebut dengan bionic eye. Masih berhubungan dengan membantu pengelihatan, kontak lensa ini dikatakan akan membantu pengelihatan tanpa perlu menggunakan kaca mata.

patenkan bionic eye google harapkan bisa perbaiki pengelihatan tanpa kacamata

Menurut informasi Venture Beat yang dilansir melalui halaman Okezone, Senin (02/05/2016) mengatakan bahwa paten itu diajukan pada tahun 2014 lalu dan akhirnya telah dipublikasi pada Kamis kemarin tanggal 28 April. Dalam paten tersebut Google menjelaskan, bahwa sebagai perangkat yang bisa memperbaiki pengelihatan tanpa menggunakan contact atau menggunakan kacamata. Akan tetapi, nantinya jika seseorang ingin menyisipkan perangkat ini, maka diperlukan untuk menjalani beberapa prosedur.

Selain itu, cara kerja dari bionic eye buatan Google ini dikatakan sedikit rumit. Sebelumnya, harus dilakukan pengangkatan lensa seseorang dari kapsul lensa mata, setelah itu disuntikkan cairan pada kapsul tersebut. Cairan ini akan bekerja seperti lem dan memungkinkan bagi siapapun untuk melakukan prosedur pemasangan perangkat intra-ocular pada kapsul lensa.

Setelah itu, cairan akan memadat untuk menghasilkan coupling antara kapsul lensa dan juga perangkat. Padatan itu nantinya akan menciptakan sebuah lensa kontak elektronik. Lensa kontak elektronik kemudian mulai bisa berguna untuk memperbaiki pengelihatan penggunanya. Sensor yang terdapat pada perangkat tersebut akan bisa merasakan atau mendeteksi saat penggunanya tengah mencoba untuk melihat sesuatu dengan jarak dekat maupun jarak jauh. Lalu akan memberikan responberupa pengelihatan yang akan lebih jelas.

Awalnya, Google telah mengusulkan lensa kontak buatannya ini untuk memperbaiki pengelihatan dan hanya perlu dilakukan pemasangan satu kali saja. Dan teknologi ini juga merupakan pertama kalinya perusahaan raksasa asal Amerika Serikat ini menunjukkan keahliannya dalam pembuatan teknologi untuk mata.

Sebagai informasi, Google juga telah mendapatkan paten untuk lensa kontak mata pintar yang akan berjalan pada tenaga surya dan akan dapat melakukan fungsi seperti mengukur kadar glukosa.

Kendati demikian, hal ini masih berupa paten jadi kita tunggu saja akan terealisasi atau hanya wacana! Baca juga Google Ciptakan Mata Cyborg Untuk Membantu Penyandang Tunanetra dan Google Tawarkan Pemberitahuan Aplikasi Android yang Berisi Iklan

Top