Yuk, Kenalan dengan Voice Access! Aplikasi Penggerak Android Buatan Google

Voice Access, Aplikasi Penggerak Android untuk Penyandang Disabilitas – Kini Andorid menjadi salah satu sistem operasi perangkat mobile yang telah mendunia. Hampir seluruh ponsel pintar di dunia ini didominasi oleh OS berlogo robot hijau buatan Google ini. Kali ini, untuk memaksimalkan jangkauan pengguna, Goole telah mengembangkan sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan Android dengan perintah suara.

voice-access-aplikasi-penggerak-android-untuk-penyandang-disabilitas

Meski masih terbatas pada perintah-perintah utama saja, namun keberadaan aplikasi ini akan sangat membantu akses Android bagi para penyandang disabilitas.

Berdasarkan informasi Blog Google yang dilansir melalui halaman Kompas Tekno, Selasa (12/04/2016)tertulis bahwa aplikasi ‘penggerak’ Android tersebut diberi nama Voice Access dan memungkinkan penyandang disabilitas untuk mengakses fungsi utama pada ponsel Android.

Aplikasi tersebut kini masih dalam tahap beta dan akan diuji lagi oleh tim Google. Rencananya, Voice Access ini akan segera rilis sebagai aplikasi gratis pada Play Store beberapa waktu ke depan.

Sementara itu, perintah suara dari Voice Access ini akan menjalankan beberapa fungsi-fungsi utama Android, seperti fungsi untuk membuka aplikasi, kemudian scroll layar ponsel dan juga untuk memilih beberapa item pada layar. Denga perintah tersebut, maka siapa saja akan bisa mengakses Android dengan mudah termasuk untuk mereka yang menyandang disabilitas.

Sebagai contoh, misalnya saja pengguna mengucapkan perintah “Open Chrome” untuk membuka browser pada smartphone Android. Selain itu, pengguna juga akan bisa memberi perintah “Go Home” untuk mengakses layar utama ponsel tersebut.

Sementara untuk melakukan interaksi dengan layar, pengguna bisa memberi perintah seperti “Click, next” atau bisa juga “Scroll down”.

Selain beberapa perintah tersebut, Voice Access juga akan menggunakan sistem penomoran dengan numerik untuk menu juga aplikasi-aplikasinya. Jadi, nantinya untuk setiap menu dan aplikasi akan ditandai dengan nomor dan pengguna hanya perlu menyebutkan nomor untuk membuka atau mengakses menu yang diinginkan.

Meski untuk saat ini masih belum bisa diakses, namun dalam waktu dekat aplikasi ini akan segera bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Menunggu proses pengujian selesai dilakukan dan memastikan Voice Access telah siap dan sempurna untuk digunakan. Baca juga Tilt Brush, Aplikasi Terbaru Besutan Google Untuk Menggambar di VR dan Telkomsel Memberikan Gratisan Pulsa Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Top