Wow, Suara Huawei VR Bisa Sampai 360 Derajat!!

Ikuti Jejak Samsung, Huawei Luncurkan Huawei VR – Berbeda dengan kebiasaan sebelumnya yang memproduksi smartphone, kali ini Huawei menjajal kemampuannya dalam bidang industri realitas virtual atau yang sering disebut dengan virtual reality. Hal ini dibuktikan Huawei yang baru saja memperkenalkan perangkat terbarunya dengan nama “Huawei VR”. Perangkat tersebut diklaim bisa kompatibel dengan tiga ponsel andalan Huawei yaitu P9, P9 Plus, dan Mate 8.

Ikuti Jejak Samsung, Huawei Luncurkan Huawei VR

Dibandingkan dengan produsen-produsen lainnya, Huawei termasuk telat dalam memproduksi perangkat virtualnya tersebut. Seperti yang sudah diketahui, sebelumnya Samsung dan HTC juga pernah memperkenalkan produk virtualnya dengan nama Samsung Gear VR dari Samsung dan HTC Vive dari HTC. Jika dilihat dari segi desainnya, Huawei VR ini sekilas mirip dengan Samsung Gear VR. Pada bagian depannya dipatrikan cover layar yang sudah dijepitkan dengan sebuah ponsel. Selain itu, Huawei VR ini juga didukung dengan panel sentuh, tombol belakang serta tombol volume yang digunakan untuk keperluan navigasi perangkat.

Untuk spesifikasi yang disisipkan dalam Huawei VR ini dibekali dengan latensi 20 ms dan luas jarak pandang sebesar 95 derajat. Jika dibandingkan dengan Samsung Gear VR hanya terpaut sedikit saja untuk jarak pandangnya yaitu 96 derajat. Sedangkan untuk HTC Vive jarak pandangnya lebih luas lagi yaitu 110 derajat.

Dilansir dari KompasTekno, Selasa (19/4/2016), Huawei diklaim sebagai perangkat pertama yang mengakomodir kemampuan suara sampai 360 derajat atau “360-degree sound field”. Jadi tidak hanya menampilkan video dengan 360 derajat saja, tetapi Huawei VR ini bisa menghasilkan suara sampai 360 derajat juga. Ini berarti suara yang dihadirkan saat mendengarkan konten visual pada perangkat tersebut seperti mengelilingi pengguna. Suara ini hampir mirip dengan suara yang dihadirkan saat berada di bioskop-bioskop premium.

Tetapi yang perlu diingat, kemampuan suara 360 derajat tersebut tidak akan berjalan sebagaimana mestinya jika tidak didukung dengan konten yang memadai. Maka dari itu, Huawei VR ini memberikan penawaran berupa 4.000 film gratis, 40 game gratis serta 150 tur panoramik visual khusus dalam peluncurannya. Namun, untuk negara Indonesia sendiri belum dapat dipastikan kapan akan dijual di pasar Indonesia. Baca juga HP Bakal Ciptakan Chromebook Dengan Dukungan VR dan Susul Samsung, HTC Juga Akan Siapkan Flagship yang Support VR.

Top