Whatsapp Semakin Aman

Whatsapp Menggunakan Metode Enkripsi – Entah sejak kapan keamanan dalam berkomunikasi menjadi fokus utama dari jasa pelayanan komunikasi. Hanya saja, rasanya menjadi hal yang wajar apabila setiap orang membutuhkan keamanan terutama privasi terhadap apa yang dibicarakannya melalui alat komunikasi. Hal ini menjadi dasar pemikiran bahwa sejatinya, penggunaan alat komunikasi tidak lain adalah menggunakan pihak ketiga sebagai penyampai atas pesan yang kita bicarakan. Apabila dulu digunakan perjanjian untuk mengikat pihak ketiga agar tidak membaca dan/atau membocorkan pesan kita, nampaknya sekarang hal itu tidak lagi dirasa nyaman.

whatsapp-semakin-aman

Untuk itu dikenallah sistem enkripsi. Enkripsi sendiri adalah sistem yang mana akan mengubah bentuk pesan/data yang kita kirimkan dengan kode tertentu yang tidak dapat dibaca oleh perangkat lain kecuali yang memiliki kode pengubah kembali atau yang biasa disebut dekripsi. Singkatnya, pesan yang ada diubah dalam bentuk data. Selanjutnya data ini diubah kembali dengan kode tertentu, yang mana kode ini hanya dapat diketahui oleh penerima pesan. Nantinya, apabila data ini sampai ke tangan penerima pesan, data tersebut akan dipadukan dengan kode si penerima sehingga data dapat diubah kembali menjadi pesan yang dapat dibaca. Keseluruhan pembuatan kode tersebut dijalankans ecara random oleh sistem.

Rasanya apabila ditilik-tilik, sistem tersebut mirip seperti cara berkomunikasi ala militer yang dulu sering dipakai pada saat perang dunia. Mungkin saja, memang keamanan ini terinspirasi dari hal tersebut. Untuk tataran kekinian, baik urusan telepon dan pesan, maupun penggunaan internet telah disajikan layanan enkripsi. Terang saja, dengan pesatnya perkembangan teknologi internet, penyadapan memang dapat dilakukan dari jauh, dari belahan dunia manpun juga. TIdka seperti zaman dahulu, penyadapan terbatas pada ruang wilayah tertentu.

Untuk itu, whatsaap sebagai aplikasi yang dulunya konsen pada layanan instant messenger, baru-baru ii merealisasikan langkah nyata atas produknya. Diberitakan melalui Okezone (6/4/2016), tanggal 6 April 2016 menjadi rilis resmi fitur enkripsi perpesanan yang dibuat oleh Whatsapp. Dengan fitur ini, konon penegak hukum pun tidak mampu untuk membobolnya secara paksa. Di sisi lain, enkripsi ini dulu sempat terkenal dizaman BBM sehingga perlu bantuan dari BB sendiri untuk memecahkan kodenya. Perkembangan enkripsi kian mengkhawatirkan penegakan hukum, di Amerika sedang dirintis RUU baru yang akan memaksa setiap perusahaan yang memeberikan laayanan enkripsi untuk memberikan dekripsinya pada pemerintah amanakala dibutuhkan dalam penegakan hukum. Baca juga BB-Priv Turun Harga, Sekaratkah? dan Meizu M3 Note Resmi Rilis di Beijing.

Top