Waspada!! Kini Pesan Melalui BBM Bisa Disadap

Ternyata Master Key dari Blackberry Bisa Digunakan Kepolisian Kanada – Siapa yang tidak kenal dengan Blackberry Messenger (BBM)? Hampir semua orang mengenal BBM, aplikasi pesan singkat tersebut terkenal dengan sistem keamanannya yang melebihi keamanan dari aplikasi pesan singkat lainnya. Tetapi baru-baru ini, muncul fakta bahwa BBM mampu disadap oleh pemerintahan sebuah negara.

Ternyata Master Key dari Blackberry Bisa Digunakan Kepolisian Kanada

Seperti yang dilakukan kepolisian Kanada (Royal Canadian Mounted Police, RCMP) yang berhasil menyadap aplikasi pesan singkat BBM melalui master key dengan membuka enskripsi Blackberry sejak tahun 2010 yang lalu. Sebuah penyelidikan kasus kriminal yang terjadi pada tahun 2010 sampai tahun 2012, RCMP menggunakan kunci enskripsi tersebut untuk menyadap lebih dari 1 juta pesan yang dikirim melalui BBM.

Fakta tersebut datang dari serangkaian dokumen yang berada di pengadilan kanada, dalam dokumen tersebut dijelaskan bahwa kepolisian memiliki server di kota Ottawa untuk mencegah pesan BBM yang ditujukan ke perangkat tertentu. Tetapi tidak dijelaskan bagaimana caranya RCMP bisa memperoleh kunci enskripsi Blackberry yang terkenal sangat aman. Seperti yang sudah diketahui bahwa Blackberry menggunakan kunci enskripsi yang sifatnya sama untuk semua orang atau global guna mengamankan pengiriman pesan antar sesama perangkat buatannya.

Dan hanya pelanggan layanan Blackberry Enterprise sajalah yang bisa menggunakan kunci enskripsinya sendiri, selebihnya semua perangkat pribadi menggunakan kunci enkripsi peer-to-peer yang sudah ditanamkan oleh Blackberry sejak perangkat berada di pabriknya. Kunci enskripsi tersebutlah yang berhasil digunakan RCMP, meskipun sampai sekarang belum jelas bagaimana cara yang digunakan RCMP dalam memperolehnya. Namun banyak yang menduga, kunci tersebut diperoleh RCMP dari pihak ketiga atau kemungkinan Blackberry sendiri yang menyerahkannya ke kepolisian guna membantu penyelidikan.

Jika Blackberry masih menggunakan master key tersebut dan belum menggantinya, maka dengan mudahnya kepolisian Kanada bisa menyadap komunikasi melalui aplikasi pesan singkat BBM. Dan hal ini sangat berbeda dari Apple yang secara tegas menolak menyerahkan data penggunanya kepada siapapun termasuk pemerintah. Baca juga Penambahan Fitur BBM dan Peristiwa Pembajakan Akun BBM Kian Marak Terjadi.

Top