STOP, Penggunaan Smartphone Berlebihan!!

Penggunaan Smartphone Berlebihan Bisa Menyebabkan Efek Jahat – Pada zaman yang semakin modern ini, penggunaan smartphone memang tidak bisa dihindari dari kehidupan sehari-hari. Hampir setiap orang memegang smartphone kurang lebih 190 menit setiap harinya, bahkan ada juga yang sedari bangun tidur hingga akan tidur terus memegang smartphonenya.

Penggunaan Smartphone Berlebihan Bisa Menyebabkan Efek Jahat

Meskipun penggunaan smartphone itu bisa memudahkan komunikasi dari segala hal, mulai dari sms, telepon maupun hanya sekedar untuk keperluan hiburan. Tetapi jika penggunaannya secara terus menerus bisa menyebabkan bahaya mata terutama pada anak-anak. Seperti yang baru-baru ini dilakukan oleh tim dokter Chonnam National University, dalam penelitiannya tim dokter tersebut mengungkapkan jika penggunaan smartphone berlebihan pada anak-anak bisa membahayakan mata anak. Anak-anak bisa mengalami strabismus atau juling, hal ini bisa terjadi saat bola mata tidak melihat fokus pada satu titik yang sama atau menyimpang baik ke dalam, luar, atas maupun bawah.

Penelitian tersebut dilakukan dengan range anak usia 7 sampai 16 tahun, bahkan anak-anak bisa menghabiskan penggunaan smartphone dalam waktu yang lama sekitar 4 sampai 8 jam setiap harinya. Tidak hanya itu saja, berdasarkan penelitian tersebut juga terungkap bahwa penggunaan smartphone dalam jarak yang sangat dekat, hanya 20 cm dari wajah. Secara umum, penggunaan smartphone dalam seharinya tidak boleh melebihi waktu 30 menit. Inilah salah satu yang menyebabkan banyak anak kecil menggunakan kacamata dan terkena gejala mata juling di usia yang masih dini.

Selain itu, penggunaan smartphone yang berlebihan juga bisa menyebabkan Text Claw dan Cell Phone Elbow Claw. Text Claw sendiri berarti kram dan nyeri otot yang terjadi pada jari saat menggunakan smartphone terlalu lama. Sedangkan Cell Phone Elbow Claw merupakan kondisi kesemutan atau mati rasa di sela-sela jari akibat menekuk siku terlalu lama.

Sebenarnya banyak sekali dampak negatif mulai dari kesehatan dan sosial dari penggunaan smartphone yang berlebihan. Dari segi kesehatan terlalu lama membungkuk juga bisa meningkatkan tekanan pada otot leher dan punggung, mata juga bisa cepat capek sehingga menyebabkan penglihatan menjadi kabur, bahkan yang lebih menakutkan adalah munculnya nomophobia dimana orang menjadi takut luar biasa ketika berada jauh dari smartphone. Baca juga 6 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Baterai Smartphone dan Pancaran Sinar Biru Gadget, Merusak Mata.

Top