Sony-Panasonic, Kolaborasi Kembangkan “Blu-Ray” 3,3 Terabyte

Sony-Panasonik Garap Penyimpanan Ekstra Luas 3,3 Terabyte – Jika dibandingkan, era saat ini dengan tahun 90-an lalu memang telah begitu terasa perbedaannya. Jika di era 90-an sebuah media penyimpanan cakram optis cukup dengan kapasitas kurang dari 1 GB, saat ini kebutuhan media penyimpanan sudah jauh lebih besar. Mengikuti perkembangan tersebut, Sony dan Panasonic melakukan upaya untuk meningkatkan kapasitas penyimpana  media cakram optis tersebut. Kali ini, kedua produsen asal Jepang ini tengah berkolaborasi melahirkan “Optical Disc Archive System” yang merupakan generasi kedua dengan kapasitas sangat luas yaitu mencapai 3,3 Terabyte (TB).

sony-panasonik-garap-penyimpanan-ekstra-luas-3,3-terabyte

Kapasitas tersebut memang terbilang sangat longgar. Pasalnya, saat ini media penyimpanan cakram optis berkapasitas 1 Terabyte (TB) saja sudah lebih dari cukup untuk menyimpan file-file berkapasitas besar. Untuk itu, kehaidan perangkat baru ini menjadi media penyimoanan dengan kapasitas paling besar saat ini.

Berdasarkan informasi PC World yang dilansir melalui KompasTekno, Rabu (20/04/2016) menyatakan bahwa media penyimpanan berbasis teknologi Blu-ray tersebut ditujukan untuk pihak-pihak seperti studio film dan televisi yang memerlukan penyimpanan data berukuran besar.

Angka 3,3 TB atau yang setara dengan 3.300 GB ini terbilang sangatlah luar biasa besar. Jika dibandingkan dengan media-media cakram optis dari generasi-generasi terdahulu.

Jika diingat, awal mula hadirnya sebuah media cakram-optis sebagai perangkat penyimpanan data digital diawali oleh kelahiran di tahun 90-an. Pada saat itu, kapasitas yang disediakan hanya kurang dari 1 GB yaitu sekitar 650 MB. Kemudian generasi berikutnya lahirlah kepingan DVD yang menyediakan kapasitas lebih besar yaitu 4,7 GB. Lalu berjalanlah teknologi merambah Blu-ray, dan kini telah lahir generasi terbaru Optical Disc Archive System.

Konsep dari penyimpanan terbaru ini berbeda dengan harddisk magnetik atau media berbasis memori flash, cakram optis tidak dirancang untuk dibaca atau ditulisi secara reguler, sehingga skenario penggunanya relatif terbatas.

Kendati demikian, cakram optis tetap digunakan karena media ini akan bertahan lebih lama. Bahkan pihak Sony mengklaim bahwa perangkat buatannya ini dapat bertahan atau memiliki self life selama 100 tahun.

Namun, hingga kini mesih belum diketahui, apakah kepingan Blu-ray ini akan dipasarkan secara massal atau tidak. Hal ini karena keberadaan kapasitas Blu-ray yang telah ada masih dinilai sanggup menampung kapasitas dari vedeo 4K. Baca juga Powerbank Raksasa Kini Mulai Hadir Dengan Kapasitas Powerfull dan Keyboard Mekanikal Bertombol Cherry MX Dirilis Untuk Para Gamer

Top