Samsung Ciptakan Lensa Kontak Pintar!

Kontak Lensa Augmented Reality Segera Hadir dari Samsung – Menjadi salah satu perusahaan pertama yang merambah dunia bisnis Virtual Reality melalui Gear VR nya, ternyata belum cukup bagi Samsung. Kali ini, perusahaan ternama asal Korea Selatan ini juga tengah mengembangkan sebuah Augmented Reality pada Kontak Lensa.

kontak-lensa-augmented-reality-segera-hadir-dari-samsung

Rupanya, perangkat pintar sudah semakin canggih saja. Selain pada wearable seperti gelang dan cincin, kini Samsung membuatnya pada kontak lensa. Kini pengajuan paten dari Samsung yang dilakukan sejak September 2014 lalu untuk perangkat lensa kontak pintar, akhirnya telah turun. Artinya, Samsung telah mendapatkan hak paten atas lensa kontak pintar berteknologi Augmented Reality tersebut.

Pada lensa kontak pitar tersebut akan tersusun beberapa komponen canggih seperti kamera, sensor gerakan, pemancar dan satu unit layar. Informasi tersebut berdasarkan laporan Softpedia yang dilansir dari halaman Tekno Tempo, Jumat (08/04/2016).

Prinsip kejanya, akan sama seperti smartphone, perintah yang akan dijalankan pada lensa kontak tersebut menggunakan perintah berupa kedipan mata, yang kemudian akan dilanjutkan pengiriman ke ponsel untuk dilakukan proses. Yang lebih canggih dan terasa mustahil, foto dan video akan bisa dikirim dari smartphone untuk bisa dilihat pada lensa.

Mungkin jika diingat, teknologi semacam ini dulu hanya berada di film “Mission Impossible”, namun perkembangan teknologi rupanya berhasil merealisasikan hal itu.

Beberapa waktu lalu memang Samsung tengah tampil percaya diri dengan kehadiran Gear VR yaitu perangkat Virtual Reality. Namun sekarang perangkat Virtual Reality di tahun 2016 ini sudah semakin mainstream, artinya sudah banyak perusahaan yang memproduksinya. Hal ini melihat dari peluncuran perangkat serupa dari Oculus Rift dan HTC Vive. Tetapi jika melihat peluangnya, belum ada yang mengembangkan augmented reality. Jadi, inilah peluang bagus bagi Samsung untuk mulai mengembangkannya.

Sebetulnya, Samsung juga bukanlah perusahaan satu-satunya yang mengembangkan perangkat AR ini. Sebuah prototipe perangkat AR dari Hololens Microsoft telah tersedia untuk pengembang. Juga Google yang telah berkecimpung cukup lama dengan dunia Augmented Reality (AR) selama bertahun-tahun, khususnya dalam proyek pengembangan Google Glass.

Sebagai informasi, Google juga diketahui tengah mengembangkan lensa kontak cerdas. Meskipun kemitraan Google dengan perusahaan farmasi Swiss Novartis ini lebih berfokus pada kesehatan. Baca juga Google Glass Versi Baru Hadir Lebih Baik dan Samsung Siap Luncurkan Gear VR Terbarunya

Top