Rayakan Hari Kartini, Google Pasang Doodle Bertema Kartini

Mesin Pencari Google Ikut Merayakan Hari Kartini – Tepat 137 tahun yang lalu, Raden Ajeng Kartini dilahirkan di jepara, Jawa Tengah. Kartini termasuk pahlawan emansipasi wanita di Indonesia yang dilahirkan pada tanggal 21 April 1879. Semasa hidupnya, Kartini terus berjuang membela kaum wanita sehingga sampai sekarang ia dijadikan sebagai panutan bagi kaum wanita.

Mesin Pencari Google Ikut Merayakan Hari Kartini

Hari ini, sebagian besar masyarakat di Indonesia memperingati sebagai Hari Kartini. Dan uniknya, Google pun ikut memperingati hari ini dengan meluncurkan doodle khusus bertajuk Hari Kartini. Layanan mesin pencari tersebut sengaja mengahdirkan doodle Hari Kartini dengan nuansa etnik berwarna coklat. Terlihat ilustrasi Kartini di tengah-tengah kata Google pada bagian huruf “o”. Ilustrasi Kartini digambarkan sedang memegang buku.

Seperti di kehidupan nyatanya, Kartini memang terkenal sebagai orang yang peduli terhadap pendidikan perempuan. Bahkan Kartini juga sempat mendirikan sekolah khusus perempuan yang terletak di komplek perkantoran Bupati Rembang. Selain itu, Kartini juga menerbitkan buku inspiratif yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang.

Semasa hidupnya, Kartini juga pernah mengenyam pendidikan di ELS (Europese Lagere School) sampai usia 12 tahun. Kemudian, sebagaimana adat Jawa yang berlaku saat itu, Kartini dipingit dan dididik untuk disiapkan menjadi seorang wanita yang siap dinikahkan. Selama dipingit, Kartini belajar secara otodidak demi memperluas wawasannya dan juga menjalin komunikasi dengan teman-temannya di luar negeri lewat surat. Sampai akhirnya Kartini benar-benar menikah di usianya yang ke 24.

Tapi setelah melahirkan anak pertamanya, Kartini meninggal. Dan setelah 8 tahun dari itu, keluarga Van Deventer mendirikan “Yayasan Kartini” yang bertujuan untuk memberikan akses pendidikan kepada wanita Indonesia di beberapa kota. Karena hal itulah, Google ikut merayakan Hari Kartini. Sebelumnya, Google juga pernah memasang doodle pada hari-hari besar dengan desain yang unik. Baca juga Di Eropa, Google Akan Dikenai Sanksi dan Google Rilis Fitur Goals Bantu Pengguna Capai Target Aktivitas.

 

 

Top