OLX: Alibaba-Laza Bersatu, Indonesia Harus Begerak Cepat!

OLX Komentari Akuisisi Alibaba Terhadap Lazada – Setelah terdengar kabar bahwa Alibaba, e-commerce terbesar asal negeri Tirai Bambu resmi mengakuisisi atau Lazada Group, hal ini juga akan mebawa pengaruh bagi e-commerce Indonesia. Dalam hal ini, OLX Indonesia juga angkat bicara.

olx-komentari-akuisisi-alibaba-terhadap-lazada

Langkah e-commerce Alibaba yang telah menguasai sebagian besar saham Lazada, memang menjadi salah satu hal yang menguntungkan bagi e-commrce sendiri maupun bagi konsumen.

Dalam ungkapannya, yang dikutip dari halaman Kompas Tekno, Rabu (13/04/2016) CEO OLX Indonesia, Daniel Tumiwa menyambut baik langkah akuisisi tersebut. Pasalnya, dengan hal ini konsumen akan mendapat keuntungan.

“Memang sudah sepantasnya Alibaba melakukan langkah korporasi seperti itu. Makin marak dunia e-commerce. Indonesia harus bergerak cepat,” Ujar Daniel.

Menurut Daniel, dengan kontribusi dari pemain besar sekelas Alibaba ke pasar Indonesia, akan membuat e-commerce di Indonesia juga menjadi semakin menarik. Hal ini dikarenakan adanya kolaborasi dari pemain besar yang terdiri dari pemodal dengan yang membawa modal dan teknologi besar.

Berkaitan dengan hal ini, Daniel mengungkapkan bahwa OLX akan tetap menggunakan strategi seperti sebelumnya. Pihaknya tak akan mengubah langkah persaingan selama ini, yaitu tetap konsisten dan fokus di iklan baris.

Seperti diketahui sebelumnya, Alibaba Group Holding Ltd telah resmi mengakuisisi sebagian besar saham dari situs belanja Asia Tenggara, Lazada pada Selasa, 12 April 2016 kemarin.

Investasi ini terdiri dari penanaman equity capital baru sebesar 500 juta dollar AS dan akuisisi saham Lazada dari sejumlah pemegang saham lain. Para pemegang saham lain ini termasuk Rocket Internet dan Kinnevik yang telah melepas semua sahamnya di Lazada ke Alibaba. Sebagai informasi, Tesco, yang merupakan operator supermarket asal Inggris juga masih memiliki saham sebesar 8,3 persen di Lazada.

Dengan kehadiran Alibaba memasuki pasar Asia Tenggara, itu artinya akan ada produk-produk baru yang masuk ke industri jual-beli online Indonesia. Hal ini menjadi salah satu pandangan baru bagi konsumen. Juga menjadi persaingan yang lebih menarik di kalangan para pelaku e-commerce di pasar Tanah Air. Baca juga E-commerce Terbesar di China, Alibaba Rangkul Situs Belanja Online Lazada dan Cara pasang iklan di OLX

Top