Microsoft-Google Putuskan untuk Berdamai

Microsoft-Google Akan Cabut Segala Tuntutan, Keduanya Berdamai – Setelah cukup lama berselisih, akhirnya kini kabar terbaru mengatakan bahwa kedua perusahaan teknologi raksasa Microsoft-Google memutuskan untuk berdamai. Keduanya dikatakan akan mencabut segala macam tuntutan hukum yang hingga saat ini masih dalam proses pengadilan. Lalu, apa yang mebuat mereka memilih jalan damai?

microsoft-google-akan-cabut-segala-tuntutan-keduanya-berdamai

Selain memutuskan hendak mencabut tuntutannya, Microsoft-Google juga dikatakan telah setuju untuk mengutamakan perundingan untuk menyelesaikan permasalahan. Hal ini juga akan diberlakukan untuk ke depannya, jika masa mendatang terjadi permasalahan lagi, mereka telah sepakat untuk melakukan perundingan terlebih dahulu sebelum membawanya ke jalur hukum. Jadi, jalur hukum akan menjadi pilihan terakhir jika memang tak ditemukan jalan keluarnya.

Menurut informasi Recode yang dilansir melalui halaman KompasTekno, Senin (25/04/2016) tertulis bahwa Juru Bicara Microsoft mengatakan, “Microsoft sudah setuju untuk membatalkan tuntutan terhadap Google. Tindakan ini merupakan usaha kami untuk mengubah prioritas hukum yang kami jalani. Kami akan fokus bersaing dari sisi bisnis dan konsumen sana,” Ujarnya.

Dalam hal ini, Google juga mengungkapkan pernyataan yang sama. Pihak Google menyatakan bakal membatalkan segala tuntutan hukum terhadap Microsoft.

“Perusahaan kami memang bersaing dengan agresif. Tapi kami ingin menjalani persaingan dalam hal pengembangan produk, bukan dalam hal tuntutan hukum,” Ujar Juru Bicara Google.

Sejak awal, Google dan Microsoft memang dikenal tidak memiliki hubungan yang baik. Keduanya tercatat sering berhadapan di meja hijau pada beberapa negara, antara lain seperti Uni Eropa, Ergentina, Brasil, Kanada, dan India.

Salah satu yang menjadi sumber permasalahan diantara keduanya  adalah masalah hak paten.

Namun, seiring berjalannya waktu kedua perusahaan raksasa ini telah banyak menunjukkan perubahan. Meski terjadi masalah, tak sesering sebelumnya. Sejak kepemimpinan Microsoft berada di tangan Satya Nadella dan Google di tangan Sundar Pichai, keduanya terlihat lebih akur dibandingkan pada saat keduanya dipegang oleh Steve Ballmer dan Eric Schmidt.

Bahkan, sejak berganti kepemimpina, Microsoft juga diketahui telah banyak menghadirkan aplikasi yang bisa juga dijalankan untuk platform Android. Salah satunya adalah aplikasi Office.

Saat keduanya memutuskan berdamai dan semakin banyak menjalin kerja sama, maka dunia teknologi dipastikan akan semakin kuat. Baca juga Di Eropa, Google Akan Dikenai Sanksi dan Blackberry, Tidak Ada Rahasia Kepada Penegak Hukum

Top