Menggambar di Virtual Reality? Google Punya Aplikasi Terbarunya!

Tilt Brush, Aplikasi Terbaru Besutan Google Untuk Menggambar di VR – Teknologi Virtual Reality memang telah mulai tersebar di tahun 2016 ini. Kehadirannya memang cukup menarik banyak perhatian masyarakat dari berbagai kalangan. Apalgi bagi mereka para penggemar dunia gaming, pastilah akan sangat tertarik untuk merasakan sensasi berbeda saat bermain game. Kendati demikian, bukan berarti VR hanya memiliki fitur gaming saja. Perangkat ini sebetulnya diciptakan sebagai media hiburan.

tilt-brush-aplikasi-terbaru-besutan-google-untuk-menggambar-di-vr

Bahkan saat ini, kabarnya telah ada yang menjadikan Virtual Reality sebagai alat untuk memandu turis di tempat wisata tertentu juga telah ada yang menggunakannya sebagai sarana edukasi yang memberikan pengetahuan tentang banyak hal. Misalnya saja seperti aplikasi Titan of Space yang akan membawa kita pada pengenalan sistem tata surya.

Bukan itu saja, saat ini pengembang telah semakin kreatif sehingga untuk perangkat ini juga telah ada yang mengembangkan aplikasi bernama Titl Brush. Aplikasi ini akan memungkinkan pengguna untuk menggambar di dunia virtual. Penasaran, bukan? bagaimana pengguna bisa menggambar di dunia virtual?

Aplikasi yang diluncurkan oleh Google ini sengaja dirancang untuk mereka yang menggemari dunia seni sekaligus tertarik pada dunia Virtual Reality. Software ini juga memungkinkan pengguna untuk membuat gambar 3D. Tentu saja, hasilnya akan sangat mengagumkan. Pasalnya, semua imajinasi akan dapat dituangkan dengan mudah menggunakan Tilt Brush.

Google sendiri telah mempunyai perangkan VR yang diberi nama Google Cradboard. Perangkat ini terdiri dari kardus, smartphone dan dua lensa. Meskipun dibuat oleh Google, namun aplikasi Tilt Brush rupanya tidak mendukung VR Google Cardboard. Sebaliknya, aplikasi ini justru mendukung platform gaming Steam yang mendukung perangkan VR HTC Vive.

Cara kerja dari Tilt Brush ini sendiri adalah, pengguna akan diajak untuk mengelilingi sebuah ruang virtual di mana pengguna juga menciptakan karya seni melalui berbagai macam kuas yang disediakan. Kuas tersebut akan dapat diakses dan dikendalikan menggunakan kontroler berbasis gerakan pada HTC Vive.

Untuk membuat lukisan, kanvas yang digunakan pengguna sebetulnya adalah ruangan tempat pengguna berada saat itu. Pengguna bisa melakukan gerakan maju atau mundur atau melakukan gerakan sesuka hati. Gerakan tersebut akan membuat pengguna menikmati sensasi berada di dimensi lukisan virtual yang diciptakannya.Karena pembuatan lukisan ini bukanlah pada dunai nyata, maka pengguna bisa berimajinasi sesuka hati misalnya melukis dengan materaial lahar panas, bintang, salju dan lain sebagainya.

Untuk bisa menikamti aplikasi ini, Google membandero Tilt Brush seharga $30 atau setara dengan Rp 400 ribu di Steam. Baca juga Optimasi Fungsi Sensor 3D Untuk Menggambar dan Snapchat Selangkah Lebih Maju dengan Pembuatan Kacamata VR

Top