MacBook Masa Depan Akan Tinggalkan Keyboard Fisik?

MacBook Generasi Berikutnya Tak Akan Bawa Keyboard Fisik – Kabar terbaru muncul dari produsen gadget asal Amerika Serikat, Apple. Selain sukses dengan produksinya di sektor smartphone, Apple juga termasuk eksis sebagai produsen perangkat laptopnya yang diberi nama MacBook. Baru saja, Apple dikabarkan mendaftarkan hak paten terkait model keyboard yang akan digunakan pada komputer jinjing masa depan. Benarkah Apple akan menanggalkan model keyboard fisik untuk MacBook generasi berikutnya?

macbook-generasi-berikutnya-tak-akan-bawa-keyboard-fisik

Dengan kata lain, untuk produk MacBook berikutnya Apple bakal mengusung jenis keyboard papan layar sentuh selayaknya pada perangkat tablet. Berdasarkan informasi dari The Next Web yang dilansir melalui halaman Kompas Tekno, Senin (11/04/2016) tertulis bahwa paten yang dilakukan Apple tersebut diberi nama ‘Zero Travel’, mengubah permukaan keyboard menjadi layar sentuh datar, sehingga pengguna bakal mengetik di layar datar.

Pengembangan dari teknologi yang dipatenkan tersebut menggunakan teknologi haptic feedback yang menjadi sarana untuk mengidentifikasi ketukan pada permukaan layar.

Selain itu, paten tersebut menyatakan bahwa kemungkinan tombol-tombol di komputer MacBook akan lebih lengkap karena Apple telah menyertakan jenis keyboard numerik tepat di samping letak trackpad.

Jika melihat dari segi konsepnya, bagian tersebut akan bisa digunakan untuk mengakomodasi berbagai fitur dan tambahan lainnya, bahkan hal ini bisa dilakukan oleh pengembang dari pihak ketiga. Untuk itu, kemungkinan besar jenis keyboard ini nantinya akan bisa semakin canggih seiring pengembangan yang terus dilakukan.

Spekulasi yang muncul, menyatakan bahwa kemungkinan penggunaan keyboard layar sentuh ini memiliki cara seperti penggunaan SwiftKey, yang hanya menggeserkan jari ke tombol yang diinginkan. Pengguna juga memungkinkan untuk mengatur tata letak keyboard serta tingkat pada setiap ketukan.

Meski telah banyak spekulasi yang muncul, namun perlu diingat kehadiran keyoard baru sebatas paten. Sejauh ini masih belum diketahui kapan paten ini akan direalisasikan oleh Apple pada perangkatnya. Masih tanda tanya, apakah Apple akan mulai menerapkannya pada MacBook generasi berikutnya atau untuk jenis perangkat lain.

Nantikan saja kehadiran produk dengan keybord canggih ini! Pastinya akan memudahkan pengguna. Baca juga Tahun Depan, Apple Hadirkan Konsep Terbaru iPhone dan Samsung Notebook 9 Siap Saingi Ketangguhan Apple MacBook Pro

Top