Langkah Nokia Untuk Bangkit Kembali di Industri Gadget

Nokia Tengah Susun Rencana untuk Kembali Ramaikan Persiangan Gadget – Beberapa dekade lalu, produsen gadget Nokia pernah merajai persaingan pasar. Untuk jenis ponsel genggam ‘jadul’ Nokia menjadi salah satu pabrikan yang terkenal dengan produk bermesin bandel. Namun, beberapa tahun belakangan terlebih setelah melego layanan pemetaan Here Maps dan divisi ponsel tahun 2014 lalu, justru vendor ini malah tak terdengar lagi kabarnya. Bahkan keberadaannya di ranah industri gadget sama sekali tak terlihat.

nokia-tengah-susun-rencana-untuk-kembali-ramaikan-persiangan-gadget

Diketahui, selain tablet rilisannya yang dipasarkan untuk wilayah China dan kamera virtual reality (VR) Ozo, pabrikan asal Finlandia ini, Nokia justru senyap untuk beberapa tahun terakhir. Mereka lebih banyak berfokus pada bisnis infrastruktur jaringan dan bermitra bersama Alcatel-Lucent.

Namun, kesenyapan Nokia rupanya mereka bukan kabur begitu saja. Pabrikan asal Finlandia tersebut diam-diam sedang menyusun rencana untuk kembali hadir ke pasar persaingan gadget dunia. Meski bukan lagi melalui ponsel, rupanya Nokia tengah merancang berbagai perangkat wearable device untuk bidang kesehatan.

Seperti yang dirangkum dari halaman KompasTekno, Kamis (28/04/2016) di awal minggu ini, Nokia mengumumkan rencananya untuk mengakuisisi startup asal Perancis bernama Withings senilai 190 juta dollar AS.

Withings akan bergabung dengan Nokia Technologies, yang merupakan sayap perusahaan Nokia untuk menangani digital medis, lisensi merek, dan juga paten serta menjaga eksistensi nama dari Nokia sendiri di ranah konsumen.

Dalam kesempatannya, seperti yang dikutip dari sumber yang sama, Presiden dan CEO Nokia, Rajeev Suri mengungkapkan pernyataannya, “Kami telah konsisten mengatakan bahwa digital health merupakan area menarik secara strategis untuk Nokia dan kami sekarang mengambil langkah konkret untuk memanfaatkan peluang di pasar yang besar dan penting ini,” Ujarnya.

Sebagai informasi, Withing merupakan perusahaan yang berdiri sejak tahun 2008 dan memiliki 200 karyawan di Paris, Cambridge (AS) dan Hongkong. Withings sendiri adalah pabrikan pernak-pernik Internet of Things (IoT) yang bertema kesehatan dan tersambung ke internet.

Melalui akuisisi tersebut, untuk membangun digital media dan digital health inilah Nokia akan kembali melancarkan upayanya untuk bangkit dan memasuki persaingan pasar gadget. Kami nantikan kehadirannya kembali, Nokia! Baca juga Nokia Setelah Sekian Lama Tidak Terlihat Taringnya dan Alasan di Balik Ambruknya Nokia

Top