Kini, “Robot” Telah Berada di Balik Facebook Messenger

Chatbot, Program Facebook Messenger Penuhi Kebutuhan Pengguna – Mengingat teknologi yang sekarang serba canggih, memanfaatkan media online, hampir semua hal bisa dilakukan melalui internet. Selain berkomunikasi, media internet juga bisa digunakan sebagai tempat bisnis. Contohnya saja Facebook, jejaring sosial paling populer tersebut saat ini telah banyak digunakan sebagai tempat bisnis. Untuk itu, daripada repot menyediakan call center yang akan selalu memberi solusi permasalahan pengguna, baik itu keluhan atau melakukan pemesanan barang dan jasa. Facebook menawarkan sesuatu yang berbeda. Tentunya akan mempermudah aktivitas semua pihak.

chatbot-program-facebook-messenger-penuhi-kebutuhan-pengguna

Dalam konferensi F8 Selasa kemarin, selain mendemonstrasikan aplikasi Facebook Live yang akan bisa menanyangkan siaran langsung dari drone, pihak Facebook juga menawarkan program bernama chatbot (chat robot) pada aplikasi Messenger. Kehadiran program ini sebetulnya membawa nama resmi “Bots for Messenger”.

Berdasarkan informasi dari TechCrunch yang dirangkum melalui halaman Kpmpas Tekno, Kamis (14/04/2016) tertulis bahwa nantinya, konsumen atau pengguna akan bisa memakai Messenger untuk melakukan hal-hal seperti memesan tiket pesawat atau penginapan. Kegiatan tersebut akan dilayani oleh chatbot, bukan manusia, yang dimiliki oleh pelaku usaha, dalam hal ini misalnya maskapai atau pengelola hotel.

Chatbot nantinya akan bekerja selayaknya manusia sungguhan dalam menanggapi pelanggan. Selain kalimatnya yang terstruktur seperti percakapan manusia, Chatbot Messenget juga akan mampu mengirim gambar, tautan dan juga tombol action (misalnya pada saat melakukan pemesanan tiket).

Dengan hadirnya program ini, Facebook berharap bahwa Messenger nantinya bisa menjadi pusat kegiatan bisnis. Pelanggan tak perlu lagi membuka beberapa aplikasi karena semuanya akan bisa dilakukan melalui satu aplikasi saja, yaitu Messenger Facebook.

Selain berperan sebagai call center, Chatbot juga digunakan oleh Facebook untuk mengirim iklan ke pelanggan yang sebelumnya telah menghubungi pelaku bisnis yang bersangkutan. Untuk sisi keamanan, kanal obrolan dari chatbot ini juga bisa dimatikan oleh pengguna, sehingga tidak akan mengganggu nantinya.

Pengguna Messenger sendiri saat ini telah tercatat memiliki 900 pengguna aktif. Facebook cenderung bereksperimen menambah fitur-fitur baru untuk layanan ini, sementara untuk aplikasi WhatsApp tetap dipertahankan untuk media Chatting saja.

Penasaran seperti apa Facebook Messenger memanjakan pengguna? Unduh saja Aplikasinya di Google Play Store dan App Store! Baca juga Siaran Langsung Video dari Drone Bisa Tampil Melalui Facebook dan Facebook Siap Hadirkan Layanan Messenger dengan SMS

Top