Kini, Drone Bisa Terbang Hanya dengan Kekuatan Pikiran!

Penggunaan Drone Bisa Dikendalikan Melalui Pikiran – Penggunaan pesawat tanpa awak atau yang sering disebut dengan drone memang sedang menjadi tren dalam beberapa tahun belakangan ini. Berawal dari penggunaan yang terbatas oleh kalangan tertentu, sampai sekarang bisa digunakan oleh sipapun untuk berbagai macam keperluan seperti kebutuhan videografi dan kebutuhan persenjataan militer.

Penggunaan Drone Bisa Dikendalikan Melalui Pikiran

Kehadiran drone dalam berbagai aspek kehidupan ini tidak luput dari perkembangan teknologi. Semakin berkembang, maka drone yang akan dihadirkan pun akan semakin canggih juga. Seperti penelitian yang baru-baru ini dilakukan oleh mahasiswa di University of Florida. Mahasiswa tersebut melakukan pengujian terhadap sebuah drone yang dikontrol hanya dengan pikiran. Berbekal sebuah headset berwarna hitam dan sensor yang berbentuk layaknya tentakel yang menempel di dahi mereka, para mahasiswa ini mencoba untuk mengadu kecepatan drone yang digerakkan hnya melalui pikiran mereka.

Aksi balapan drone menggunakan pikiran ini merupakan pertama kalinya di dunia yang melibatkan 16 pilot. Hanya menggunakan kekuatan pikiran saja, mereka bisa menerbangkan drone di area lapangan basket indoor yang berada di University of Florida.

Meskipun teknologi yang digunakan ini sudah lama dimanfaatkan dalam dunia medis, tetapi untuk keperluan umum belum pernah ada yang menggunakannya. Teknologi yang bernama BCI atau brain-controlled interface ini sebelumnya hanya digunakan dalam dunia medis saja seperti halnya untuk membantu para penyandang disabilitas dengan bantuan kaki robot agar bisa berjalan selayaknya orang normal.

Mengenai cara kerjanya, teknologi ini didukung dengan menggunakan headset yang telah terkalibrasi guna mengidentifikasi aktivitas elektrik yang terasosiasi dengan beberapa pemikiran yang ada dalam otaknya. Jika diterapkan dalam sebuah drone, penggunaannya cukup mudah. Pengguna atau pilot hanya perlu membayangkan bahwa dia sedang mendorong kursi di lantai, kemudian pergerakan imajiner yang ada di otak tersebut bisa diterjemahkan menjadi kode yang akan mengirimkan sinyal ke drone agar bisa terbang sesuai dengan bayangan kita.

Pengembangan drone yang dikontrol melalui pikiran ini rencananya diteliti lebih lanjut dan nantinya akan diproduksi massal jika benar-benar sudah berhasil. Baca juga Siaran Langsung Video dari Drone Bisa Tampil Melalui Facebook dan Ajang Balapan Drone Tingkat Dunia Siap Suguhkan Aksi Menarik.

Top